Terima LHP Pengelolaan SPBE, Bupati Siap Jalankan Rekomendasi BPK

Januari 7, 2021
Berita Utama Birokrasi 0   212 views 0
Bupati Hidayattullah Sjahid

Bupati Kepahiang Dr. Ir. Hidayattullah Sjahid didampingi Waka I DPRD Kepahiang Andrian Defandra, SE, M.Si dan Asisten III Setda Kepahiang Haira Aryani menerima LHP Pengelolaan penyelenggaran SPBE secara virtula di ruang rapat Bupati Kepahiang (Foto: Humas DPRD/PROGRES.ID)

KEPAHIANG, PROGRES.ID – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Bengkulu memberikan laporan hasil pemeriksaan (LHP) atas efektifitas pengelolaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dalam penyelenggaraan administrasi pemerintahan tahun 2019 hingga semester 1 tahun 2020.

Bupati Kepahiang Hidayattullah Sjahid didampingi juga oleh Waka I DPRD Kepahiang Andrian Defandra menerima LHP SPBE itu secara virtual di ruang rapat Bupati Kepahiang.

Terdapat sejumlah rekomendasi yang diberikan BPK dalam LHP SPBE tersebut. Diantaranya, meminta Pemkab Kepahiang menyantumkan rencana strategis pembangunan dan percepatan program SPBE dalam RPJMD Kabupaten Kepahiang yang selaras dengan rencana induk SPBE nasional.

Tak hanya itu, BPK juga merekomendasikan Pemkab Kepahiang agar berkoordinasi dengan Kemen PAN-RB membuat dan menetapkan arsitektur SPBE yang mendiskripsikan integrasi proses data dan informasi infrastruktur SPBE.

“Kami merekomendasikan agar Pemkab Kepahiang juga menghasilkan layanan SPBE yang terintegrasi dan selaras dengan rencana arsitektur SPBE Nasional dengan aplikasi dan keamanan SPBE. Selanjutnya membuat dan menetapkan peta rencana SPBE yang berisi target implementasi SPBE per tahun beserta aktivitas program dan kegiatan yang dilakukan. Serta membentuk dan menetapkan tim koordinasi pada Pemkab Kepahiang yang diketuai Sekretaris Daerah untuk memantau, mengarahkan dan mengevaluasi SPBE itu secara terstruktur,” jelas Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Bengkulu, Najmatuzzahrah pada acara yang digelar via Zoom Meeting, Rabu (06/01/2021).

Najma juga berharap rekomendasi yang telah disampaikan oleh BPK terkait SPBE itu dapat segera ditindaklanjuti.

“Kami berharap rekomendasi yang disampaikan dapat segera ditindaklanjuti. Kepada DPRD Kabupaten Kepahiang kami juga meminta untuk dapat membantu serta memantau tindak lanjut dari rekomendasi ini. Jika ada hal yang kurang jelas atas rekomendasi tersebut BPK bersama DPRD dapat menggelar rapat konsultasi terkait hal yang dimaksud,” terangnya lagi.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Hidayattullah mengaku akan segera menindaklanjuti rekomendasi BPK melalui OPD terkait dan pengawasan DPRD.

“Kami akan berusaha sekuat tenaga untuk melaksanakan semua rekonendasi yang diberikan dengan menyusun rencana aksi atau action plan dengan waktu yang diberikan dalam rangka perbaikan tata kelola pemerintahan. Atas dukungan serta bimbingan dari BPK RI Bengkulu, kami mengucapkan terima kasih,” ucap Bupati Hidayat.

Sementara itu, Waka I DPRD Kepahiang Andrian Defandra menuturkan, akan mengawasi kinerja eksekutif merealisasikan rekomendasi tersebut, sesuai tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) DPRD.

“Sesuai dengan tugas hak dan kewajiban DPRD dalam hal pengawasan dan penganggaran, kami akan segera berkoordinasi dengan eksekutif untuk mempelajari LHP kinerja atas efektifitas pengelolaan SPBE ini agar penyelenggaraan administrasi pemerintahan di Kepahiang semakin baik,” ujar Andrian. (rilis/red)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.