Waka I DPRD Andrian Defandra: Covid-19 Tekan PAD Seluruh Daerah di Indonesia

November 24, 2020
Birokrasi 0   220 views 0
Surolangun

Waka I DPRD Kepahiang Andrian Defandra, SE, M.Si memimpin pertemuan dengan DPRD Surolangun, Jambi(Foto: Humas DPRD Kepahiang)

KEPAHIANG, PROGRES.ID – Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Kepahiang Andrian Defandra mengatakan, Pendapatan Asli Daerah (PAD) seluruh daerah di Indonesia mengalami penurunan akibat pembatasan sosial saat pandemi Covid-19. Termasuk di Kabupaten Kepahiang.

“Saya kira penurunan PAD ini adalah masalah nasional akibat pandemi Covid-19. Menyikapi penurunan PAD yang nyaris terjadi di seluruh daerah di Indonesia ini, kami juga meminta OPD membuat formulasi agar kedepan bisa kembali ditingkatkan,” kata Andrian saat menerima kunjungan kerja anggota DPRD Surolangun, Jambi, Selasa (24/11/2020).
Untuk tahun 2021, lanjut Andrian, Kepahiang menargetkan PAD sebesar Rp 39 Miliar. Ini sudah disepakati Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dan Badan Anggaran DPRD Kepahiang.
“Setelah melakukan rasionalisasi, kami sepakat tahun depan PAD Kabupaten Kepahiang harus bisa mencapai Rp 39 Miliar. Caranya bagaimana? Tentu ada beberapa sektor yang bisa dipungut retribusi, terlebih tahun depan kita proyeksikan bisa membangun waterpark di tengah kebun teh, ini sepertinya bakal jadi destinasi menarik dan bisa mendongkrak PAD kita,” jelasnya.
Kunjungan kerja DPRD Surolangun

Waka I DPRD Kepahiang Andrian Defandra, SE, M.Si melakukan serah terima plakat kenang-kenangan dengan pemimpin Kunker dari DPRD Surolangun M Fadlan Arafiqi, SE, MH (Foto: Humas DPRD Kepahiang)

Andrian juga berujar, selain itu, Banggar dan TAPD juga sepakat meminta OPD semakin giat melakukan koordinasi ke Pemerintah Pusat mencari tambahan dana.
“Di Kementerian tentu banyak dana yang bisa diakses daerah. Kalau program kita jelas dan bagus, kami rasa OPD bisa mengakses dana itu,” ujar Andrian.
Untuk diketahui, Andrian Defandra yang juga Koordinator Komisi III memimpin rapat saat kunker anggota DPRD Surolangun ke DPRD Kepahiang. Andrian juga didampingi anggota Komisi III Hendri dan Anggota Komisi II Eko Guntoro. DPRD Surolangun lebih banyak membincang soal RAPBD tahun anggaran 2021.(rls/red)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.