Agar Warga Pemilik Hajat Patuhi Protokol Kesehatan, Gugus Tugas Akan Siapkan Sanksi

September 9, 2020
Hukum 0   250 views 0
Wawancara Zamzami Z

Sekretaris Daerah Pemkab Kepahiang Zamzami Zubir, SE, MM saat diwawancarai jurnalis (Foto: Koko/PROGRES.ID)

KEPAHIANG, PROGRES.ID – Pemkab Kepahiang dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kepahiang berencana menerapkan sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan, terutama pada acara hajatan yang melibatkan orang banyak.

Sanksi pelanggar protokol kesehatan akan diatur dalam Surat Edaran sebagai tindak lanjut dari Peraturan Bupati (Perbup) dan Peraturan Gubernur (Pergub) Bengkulu.

“Sebenarnya menjalankan Peraturan Bupati (Perbup) itu sangat berat, karena di dalam surat edaran akan ada sanksi tegas kepada warga yang mengadakan acara ataupun hajat tanpa protokol kesehatan,” ujar Sekretaris Daerah Kepahiang, Zamzami Zubir, Selasa (08/09/2020).

Menurut Zamzami, berdasarkan pantauan Gugus Tugas Covid-19 Kepahiang, hanya 35% masyarakat di Kepahiang yang mengadakan acara dapat dikategorikan memenuhi protokol kesehatan.

“Kalau berdasarkan surat pernyataan mengaku siap memenuhi protokol, dengan menyediakan tempat cuci tangan pakai sabun, menyediakan masker bagi tamu undangan yang tak pakai masker serta menjaga jarak kursi tamu. Itu paling maksimal cuma 35 persen yang benar-benar menaati,” terang Zamzami.

Zamzami juga menegaskan sanksi yang akan direalisasikan jika ada pemilik hajat yang melanggar dengan sanksi berupa denda perorangan.

“Kami akan menerapkan sanksi kepada pemilik acara ataupun hajat yang tidak mematuhi protokol kesahatan dengan denda mulai dari Rp 20.000 perorang yang akan dibayar oleh pemilik acara maupun hajat,” tegasnya.(cj1)

Pewarta: Riansa Putra
Editor: Mukhtar A



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.