Kapolres Kepahiang: Satpam Profesi Luhur dan Bantu Jaga Kamtibmas

Januari 22, 2020
Hukum Humaniora 0   373 views 0
Kapolres AKBP Suparman

Kapolres Kepahiang AKBP Suparman saat membacakan arahan Kapolri pada HUT Satpam ke-39 di Mapolres Kepahiang (Foto: Julian/Diskominfo/PROGRES.ID)

KEPAHIANG, PROGRES.ID – Kapolres Kepahiang AKBP Suparman menuturkan, satpam adalah profesi luhur dan merupakan bagian penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Demikian diungkapkan Suparmansaat membaca arahan Kapolri pada upacara peringat HUT Satpam Ke-39 di  halaman Mapolres Kepahiang, Rabu (22/01/2020).

“Saya mengucapkan selamat ulang tahun ke-39 kepada seluruh personel satuan pengamanan di manapun bertugas. momentum ini kiranya dapat dijadikan sebagai sarana evaluasi terhadap eksistensi dan kinerja satuan pengamanan, guna pembenahan dan penyempurnaan dalam pelaksanaan tugas di masa yang akan datang,” sampai Kapolres Suparman pada upacara yang juga dihadiri Bupati Kepahiang Hidayattullah Sjahid, Dandim 0409 RL, Kasitel Kejari Kepahiang, Kepala OPD dan Pengguna Jasa Satpam (Perbankan, BPJS, Perusahaan).

Ia menambahkan, Polri memerlukan dukungan dan peran aktif dari seluruh komponen masyarakat, termasuk satuan pengamanan sebagai profesi yang luhur dalam mengemban tugas dan fungsi kepolisian secara terbatas pada lingkungan kerjanya.

Foto bersama Satpam

Foto bersama Satpam usai upacara peringatan HUT Satpam di Mapolres Kepahiang (Foto: Diskominfosantik/PROGRES.ID)

“Kehadiran satpam sebagai mitra polri dalam upaya pemeliharaan kamtibmas, dituntut semakin profesional. Dalam implementasinya, personel satuan pengamanan harus mampu mendeteksi setiap potensi kerawanan, melakukan tindakan pertama dan pencegahan dengan tepat, serta melaporkannya kepada pihak kepolisian untuk segera dilakukan langkah-langkah antisipasi,” sambung Suparman.

Dengan demikian, lanjutnya, eksistensi satpam dapat semakin memberikan kontribusi nyata untuk mewujudkan keamanan di lingkungan tugasnya masing-masing untuk mewujudkan postur satpam yang semakin unggul dan profesional, maka diperlukan sistem manajemen sumber daya manusia yang optimal. Untuk dipedomani dan dilaksanakan senantiasa tingkatkan keimanan dan ketakwaan terhadap tuhan yang sebagai landasan moril dalam mengemban amanah profesi yang luhur dan mulia, jaga kehormatan pribadi dengan berpegang teguh pada kode etik dan profesi satuan pengamanan, serta melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab.

“Untuk meningkatkan kesiapsiagaan diri dalam mengidentifikasi setiap potensi gangguan dan kerawanan pada lingkungan kerja, sehingga dapat segera diantisipasi dengan optimal, bangun komunikasi positif dengan seluruh komponen masyarakat, serta tingkatkan kerja sama sinergis dengan jajaran polri dan seluruh stakeholders lainnya dalam memelihara stabilitas keamanan di lingkungan kerja,” demikian Suparman.(rilis/red)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.