Kepahiang Pertahankan Predikat Kabupaten Peduli HAM

Desember 10, 2019
Hukum Humaniora 0   287 views 0
Bupati Hidayat

Bupati Kepahiang Dr. Ir. Hidayattullah Sjahid, MM, IPU saat menerima penghargaan Peduli HAM di Gedung Merdeka, Bandung, Jawa Barat (Foto: Dok. Pemkab Kepahiang/PROGRES.ID)

KEPAHIANG, PROGRES.ID – Pemerintah Kabupaten Kepahiang dianugerahi sebagai kabupaten peduli Hak Asasi Manusia (HAM) tahun 2018 pada peringatan Hari HAM Sedunia, Selasa (10/12/2019).  Bupati Kepahiang, Hidayattullah Sjahid secara langsung menerima penghargaan dari Menteri Hukum dan HAM, Yasona H Laoly pada acara yang digelar di Gedung Merdeka, Kota Bandung, Jawa Barat.

melansir AntaraNews.com, Kementerian Hukum dan HAM memberikan penghargaan kepada 272 pemerintah kabupaten/kota di Indonesia yang dinilai memiliki kepedulian terhadap HAM. Disebutkan, ada 425 kabupaten/kota yang berpartisipasi dan menyampaikan data capaian di bidang pemenuhan HAM. Namun, dari jumlah tersebut hanya 272 kabupaten/kota yang memenuhi kategori Peduli HAM, dan 96 kabupaten/kota dikategorikan Cukup Peduli HAM.

Dirjen Hak Asasi Manusia, Kemenkum HAM Mualimin Abdi dalam keterangan persnya menyebutkan, dari 516 kabupaten/kota, baru 60 persen saja yang melaksanakan komitmennya dalam pemenuhan hak dasar masyarakat di masing-masing wilayah, atau berjumlah 272 kabupaten/kota.

Bupati berfoto

Bupati Hidayattullah Sjahid berfoto bersama usai menerima sertifikat penghargaan (Foto: Dok. Pemkab Kepahiang/PROGRES.ID)

“Masih 60 persen pemerintah kabupaten/kota yang melaksanakan komitmennya dalam pemenuhan hak dasar masyarakat di wilayahnya masing-masing,” ucap Mualimin.

Pada Desember 2018 lalu, Bupati Hidayat juga menerima penghargaan serupa, yakni penghargaan sebagai Kabupaten Peduli HAM tahun 2017. Tahun ini, predikat sebagai kabupaten peduli HAM masih dapat dipertahankan oleh Pemkab Kepahiang.(pid/prw)

Dipersembahkan Kominfo bekerjasama dnegan Progres Kepahiang



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.