Sempat Mendaftar di PN Kepahiang, Permohonan Praperadilan Bando Amin Dicabut Lagi

Juni 4, 2018
Featured Hukum 0   632 views 0

PROGRESKEPAHIANG.com – Kuasa Hukum tersangka dugaan korupsi pengadaan lahan Tourism Information Center (TIC) yang juga mantan Bupati Kepahiang Bando Amin rupanya sempat mendaftarkan praperadilan kliennya di Pengadilan Negeri (PN) Kepahiang pada Kamis sore, (31/05/2018).  Ini diakui hakim yang juga Humas PN Kepahiang Yongki saat diwawacarai jurnalis, Senin (04/06/2018).

“Mendaftarkannya itu hari Kamis, itu berkasnya saya terima sore, karena lumayan banyak sidang hari itu,” ungkap Yongki.

Menurut Yongki, hakim selanjutnya memang memiliki tugas menjadwalkan sidang. Namun, penjadwalan ditunda karena hari libur hingga beberapa hari.

“Hakim karena jabatannya, dia berkewajiban menjadwalkan sidang, tapi kan besoknya itu hari libur, Hari Kelahiran Pancasila, nggak boleh kan kita menjadwalkan sidang pas hari libur, makanya kita nentukannya Senin,” jelas Yongki.

Yongki Humas PN

Yongki SH | Foto: Koko/PROGRES KEPAHIANG

Saat hakim akan menjadwalkan sidang praperadilan, lanjutnya, Kuasa Hukum Bando Amin bernama Irwan menarik permohonan praperadilan tesebut.

“Jadi begitu sidang akan ditentukan, mereka (Pihak Bando Amin) datang menyatakan kami mencabut permohonan praperadilan, resmi dicabut,” sampainya.

Ia mengatakan tidak mengetahui alasan pencabutan permohonan praperadilan tersebut. “Memohon dan mencabut itu kan hak mereka. Kecuali, jika sudah dibuka sidang, tiba-tiba mereka menyatakan mencabut, tentu kita tanya alasannya apa?,” tegasnya.

Meski demikian, kata Yongki, PN Kepahiang tetap membuka peluang bagi Bando Amin mengajukan lagi permohonan praperadilan.

“Ya bisa kalau mau memasukkan lagi, artinya kan mereka memeriksa materi yang digugat. Masi bisa sebelum berkas perkaranya dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor,” tandasnya.(koe)



Promosi BKD kepahiang
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.