Hukum  

“Siapa Pun Boleh ke Kepahiang, Asal Jaga Kerukunan”

Progres Kepahiang
mediasi
Suasana mediasi di Kantor Kemenag Kepahiang | Foto: Progres Kepahiang

PROGRESKEPAHIANG.com – Inisiator Forum Kerukunan Umat Islam Karmolis menegaskan bahwa Kepahiang adalah kabupaten yang cinta damai dan tak pernah ada gesekan antarumat beragama sejak puluhan tahun. Ia berharap, siapa pun yang datang ke Kepahiang dapat menjaga tradisi tersebut.

“Siapa pun datang ke Kepahiang ini silakan, mau dia Islam, mau dia Kristen, mau dia Katholik, Hindu, Budha datanglah, mau dia Batak, Rejang, Serawai, Jawa silakan, asal jaga kerukunan antarumat beragama, karena Kepahiang ini sejak puluhan tahun, sejak masih menginduk dengan Rejang Lebong tak pernah ada gesekan antarumat beragama, kami berharap itu terus terjaga,” sampai Karmolis pada forum mediasi di Kantor Kemenag Kepahiang, Kamis (22/6/2017).

Ia memisalkan, semua umat beragama dan suku dapat hidup berdampingan sejak puluhan tahun lalu.

Mediasi
Foto bersama usai mediasi dan pembacaan permohonan maaf | Foto: PROGRES KEPAHIANG

“Ada umat Hindu di Suro Bali, bisa berdampingan berpuluh-puluh tahun dengan umat agama lain, ada Budha di Bumi Sari juga bisa hidup berdampingan, tak pernah ada yang namanya keributan,” imbuhnya.

Ia pun meminta masyarakat tak menanamkan benih-benih kebencian terhadap penganut agama lain.

Baca:

“Mari hilangkan benih-benih kebencian terhadap penganut agama lain. Agama Islam mengajarkan kedamaian, dan saya yakin agama lain pun juga demikian. Untuk itu saya harap ini jadi pelajaran agar tak terulang lagi dan Kepahiang ini bisa terus aman dan tenteram,” sampainya.(pid)