Sunat Uang Program Indonesia Pintar PKBM Kena OTT Polisi

Agustus 10, 2018
Hukum Pendidikan 0   347 views 0

PROGRES.ID, KEPAHIANG – Jajaran Polres Kepahiang mengamankan uang senilai Rp 10.800.000. Uang tersebut hasil Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan jajaran Polres Kepahiang dari ketua dan tutor PKBM Alena smart school yang diduga melakukan pungutan liar terhadap penerima PIP di Desa Tebat Monok Kecamatan Kepahiang Kabupaten Kepahiang sekitar pukul 15.00 WIB ( 09/08/2018).

“Kasat Reskrim, Kanit Tipikor, Kanit Pidum beserta anggota melakukan kegiatan tangkap tangan dan mengamankan uang sejumlah Rp 10.800.000,- (Sepuluh Juta Delapan Ratus Ribu Rupiah) yang merupakan uang hasil pemotongan, serta mengamankan 9 orang untuk dilakukan pemeriksaan,” kata Kapolres Kepahiang, AKBP Pahala Simanjutak dalam keterangan persnya, Jumat (10/08/2018).

Kapolres juga menerangkan  bahwa modus operasinya yakni melakukan pemungutan dengan alasan untuk biaya kursus sedang kan kursus tersebut tidak pernah diadakan.

“Masing-masing penerima PIP ( Program Indonesia Pintar ) mendapat uang sejumlah Rp 1.000.000, namun setelah penerima PIP pada PKBM tersebut yang berjumlah 18 orang sudah melakukan penarikan uang, maka peserta didik seluruhnya dikumpulkan di Kantor PKBM Alena Smart School oleh pedamping PKBM dengan maksud untuk memungut uang yang diterima masing-masing penerima PIP anggota PKBM Alena Smart School , masing – masing peserta didik dipungut uang sebesar Rp 600.000 dengan alasan untuk biaya kursus jahit, komputer dan listrik sedangkan seharusnya uang tersebut untuk operasional peserta didik di PKBM dan tidak boleh dilakukan pemotongan,” ujar Kapolres.

Saat ini terduga Y-F selaku ketua PKBM, A-l selaku tutor PKBM dan S-M juga tutor PKBM masih dilakukan pemeriksaan di Mapolres Kepahiang. Sedikitnya ada 9 orang saksi telah dimintai keterangan. Ketiga terduga diancam Pasal 3 UU RI 31 tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UURI 20 thn 2001  tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Perdirjen Pendidikan Dasar dan menengah Nomor 05 / D / BP / 2018.(koe/Rls)



Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.