Berita  

Mengenal Apa Itu Dinasti Politik yang Lagi Viral Dikaitkan dengan Gibran

ilustrasi politik dinasti/ Kompasiana.com

Konsep Dinasti Politik

Dalam pengertian umum, dinasti politik menggambarkan sistem kekuasaan politik yang dikuasai oleh sekelompok orang yang memiliki hubungan keluarga. Kekuasaan politik ini sering diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Apa Itu Dinasti Politik?

Dinasti politik adalah praktik dimana anggota dari satu keluarga atau beberapa keluarga yang terkait erat memegang kendali dalam politik suatu daerah atau negara untuk jangka waktu yang signifikan.

Ini dapat melibatkan posisi eksekutif, legislatif, atau yudikatif, serta pemegang kekuasaan di tingkat lokal, regional, atau nasional.

Dinasti politik biasanya ditandai dengan berlangsungnya penguasaan kekuasaan dari satu anggota keluarga ke anggota keluarga berikutnya dalam jangka waktu yang berkesinambungan.

Martien Herna Susanti, S.Sos., M.Si.menjelaskan dinasti politik sebagai sistem reproduksi kekuasaan yang bergantung pada garis keturunan sejumlah individu seperti dilansir dari uii.ac.id.

Yusdani menganggap dinasti politik sebagai bentuk otoritarianisme, di mana sistem politik telah diatur dan dibekukan sedemikian rupa sehingga rakyat hanya dapat memilih anggota keluarga dari penguasa sebelumnya sebagai wakil mereka,dilansir dari uii.ac.id.

Mengapa Dinasti Politik Muncul?


Exit mobile version