Gelar Pemungutan Suara, KPU Kepahiang Butuh 2.345 Orang Anggota KPPS

Oktober 1, 2020
Birokrasi Politik 0   260 views 0
pemungutan suara ulang

Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilu Serentak 2019 di Desa Kampung Bogor, Kecamatan Kepahiang (Foto: Istimewa/PROGRES.ID)

KEPAHIANG, PROGRES.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepahiang membutuhkan setidaknya 2.345 orang anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk menyelenggarakan pemungutan suara Pemilihan Serentak 2020 pada 9 Desember mendatang. Demikian diungkapkan Komisioner KPU Kepahiang Supran Efendi, Kamis (1/10/2020).

“Kita butuh sebanyak 2.345 orang KPPS. Setiap TPS kita butuh 7 orang petugas,” ungkap Supran.

Menurut Supran, rekruitmen KPPS sudah dilangsungkan pada Kamis ini hingga 23 November 2020. KPU Kepahiang pun memprioritaskan anggotanya adalah mantan anggota Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP).

“Mantan PPDP yang memenuhi syarat lebih diutamakan. Kemudian dia juga berpendidikan minimal SMA sederajat. Tapi, jika di desa tertentu sulit nyari yang tamaan SMA, yang penting dia ngerti baca tulis,” kata Supran.

Secara umum, lanjut Supran, syarat menjadi KPPS sama seperti rekruitmen PKK dan PPS yang sudah dilaksanakan tahun lalu.

“Syarat umumnya sama seperti rekruitmen PPK dan PPS beberapa waktu lalu. Intinya dia tidak berafiliasi dengan parpol, bukan anggota tim sukses paslon. Usianya kisaran 20 hingga 50 tahun, berdomisili di desa setempat, dan tidak punya riwayat penyakit penyerta,” jelasnya.(koe)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.