Jika Lulus Verfak, Edi-Ice Bakal Jadi Sejarah Pilkada Kepahiang Jalur Perseorangan

Agustus 12, 2020
Politik 0   430 views 0
Penyerahan

Edi Sunandari-Ice Rakizah menyerahkan berkas dukungan perseorangan secara simbolis kepada Ketua KPU Mirzan P Hidayat yang didampingi Ketua Bawaslu Kepahiang Rusman Sudarsono (Foto: Amin/PROGRES.ID)

KEPAHIANG, PROGRES.ID – Pasangan bakal Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Kepahiang Edi Sunandar-Ice Rakizah Syafrie berpotensi mengukir sejarah pada perhelatan Pilkada Kabupaten Kepahiang. Pasalnya, sejak kabupaten Kepahiang terbentuk, atau setidaknya telah 3 kali Pilkada digelar, belum pernah ada pesertanya dari jalur perseorangan atau independen.

“Belum pernah ada, semua dari usungan partai politik,” ungkap Juru Bicara yang juga Komisioner KPU Kepahiang, Supran Efendi, Senin (10/08/2020).

Menurut Supran, jika saja Edi-Ice lulus verifikasi faktual tahap kedua ini, maka pasangan ini berkesempatan untuk mengikuti tahap selanjutnya, yakni pendaftaran hingga penetapan calon.

“Kalau lulus, akan jadi sejarah pemilihan di Kepahiang ini, karena sebelumnya tidak pernah ada dari jalur perseorangan,” imbuh Supran.

Pada Pilkada tahun 2015, kata Supran, sempat ada bakal calon independen yang menyerahkan syarat untuk mendaftar melalui jalur perseorangan, namun gagal.

“Pernah dulu Faisal Thoha, sempat menyerahkan syarat dukungan. Timnya datang pada hari terakhir, dan tidak ada peluang perbaikan, data dukungan yang diinput di aplikasi dan yang dibawa tidak sinkron,” jelasnya.(cj1)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.