KPU Kepahiang Rasionalisasikan Anggaran Pilkada 2020 Jadi Rp 18 Miliar

September 10, 2019
Berita Utama Birokrasi Politik 0   182 views 0
Rakor KPU-jurnalis

Ketua KPU Kepahiang Mirzan Pranoto Hidayat saat berbicara dalam Rapat koordinasi publikasi informasi dengan jurnalis media cetak dan siber di aula KPU Kepahiang (Foto: Amin/PROGRES.ID)

KEPAHIANG, PROGRES.ID – KPU Kabupaten Kepahiang melakukan rasionalisasi usulan anggaran ke Pemkab Kepahiang menjadi sekira Rp 18 Miliar. Sebelumnya, KPU Kepahiang telah mengajukan anggaran Pilkada pada 26 Juni 2019 senilai Rp 22,2 Miliar.

“Setelah pertemuan informal kami dengan bupati, yang juga didampingi Sekda dan BKD (Badan Keuangan Daerah), kami sudah merasionalisasikan anggaran Pilkada 2020 yang sebelumnya Rp 22,2 Miliar menjadi Rp 18 Miliar lebih,” ungkap Ketua KPU Kepahiang Mirzan Pranoto Hidayat pada rapat koordinasi publikasi informasi dengan sejumlah media di aula KPU Kepahiang, Selasa (10/09/2019).

Mirzan menuturkan, anggaran yang diusulkan KPU Kepahiang telah berdasarkan standard biaya umum (SBU) yang diatur dalam perundang-undangan dan Peraturan Menteri Keuangan (Permenkeu).

“Rasionalisasi yang kami lakukan sudah berdasarkan peraturan yang berlaku dan sesuai dengan standar biaya umum atau SBU. Namun, sejauh ini kami belum pernah diajak membahas anggaran ini oleh TAPD (Tim Anggaran Pemerintah Daerah),” terang Mirzan.

Mirzan berharap, sebelum 1 Oktober 2019, Pemkab Kepahiang bisa melakukan komunikasi dengan KPU Kepahiang membahas usulan anggaran Pilkada tersebut lebih lanjut.

“Berdasarkan Permendagri 54 Tahun 2019, Pemerintah Daerah memiliki kewajiban mendanai Pilkada, berbeda dengan Pileg dan Pilpres yang dananya dari APBN. Kami berharap, sebelum 1 Oktober bisa ada realisasi kesepakatan NPHD dengan KPU,” sampai Mirzan.(pid)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.