Pansus II Prioritaskan Raperda Pilkades

Agustus 1, 2018
Politik 0   109 views 0

Nurrahman Putra

PROGRES.ID,KEPAHIANG -Raperda tentang Pedoman Pemilihan dan Pengangkatan Kepala Desa dan pedoman pemilihan, pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa, Raperda tentang Retribusi Jasa Usaha, Raperda tentang Penyelenggaraan Administrasi Penduduk, Raperda tentang Hak Keuangan dan Administrastif Pimpinan dan Anggota DPRD Kepahiang serta Raperda tentang Protokoler Pimpinan dan Anggota DPRD Kepahiang. Rencananya 5 Raperda tersebut akan segera dibahas.
“Masa pembahasan Pansus sesuai dengan SK DPRD berakhir 10 hari lagi, kita dari Pansus II sudah menerima draf final yang disampaikan oleh Bagian Hukum setda Kepahiang. Mudah-mudahan dapat disahkan, nanti akan dilakukan rapat final, terutama Raperda yang mendesak itu untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades),”terang Nur Rahman Putra (31/07/2018).
Ia juga mengatakan bahwa alasan perubahan kembali Raperda tentang Pedoman Pemilihan dan Pengangkatan Kepala Desa dan pedoman  pemilihan, pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa yang sebelumnya disahkan pada tahun 2016 karena adanya Perubahan Peraturan Menteri Dalam Negeri no 65 tahun 2017 tentang Pemilihan Kepala Desa.
“Ada beberapa pasal yang dihapus berdasarkan Permendagri no 65/2017 tentang Pilkades tersebut, salah satunya Calon Kepala Desa terdaftar sebagai penduduk dan bertempat tinggal di desa setempat. Aturan yang baru, Cakades boleh dari penduduk luar desa atau bukan domisili, selain itu syarat dan ketentuan Pilkades mengacu pada Permendagri dan UU no 6/2014 tentang Desa,”jelas
Nur Rahman.
Raperda tersebut tentunya akan menjadi prioritas Pansus II, mengingat tahun 2018 ini akan diselenggarakannya Pilkades pada 36 desa se-Kabupaten Kepahiang. (koe)



Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.