Panwaslu Kepahiang Ingatkan Pantarlih Tak Input Orang Meninggal

Mei 4, 2018
Politik 0   109 views 0
Media centre Panwaslu

Suasana di Media Center Panwaslu Kabupaten Kepahiang | Foto: Koko/PROGRES KEPAHIANG

PROGRESKEPAHIANG.com – Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Kepahiang mengingatkan KPU Kepahiang untuk bisa memastikan Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) tidak kembali mendata warga yang sudah meninggal menjadi calon pemilih.

Ini ditegaskan oleh Anggota Divisi Penindakan dan Pencegahan Panwaslu Kepahiang, Zaynal, Jumat (04/05/2018).

“Saat mendata warga, Pantarlih harus jeli, tanyakan kepada pemilik KK jika ada yang meninggal atau pindah,” kata Zaynal.

Zaynal mengingatkan juga agar setiap warga yang masuk data pemilih harus sesuai syarat dan ketentuan perundang-undangan.

“Fokusnya apakah mereka melakukan pemutakhiran sesuai prosedur. Terus yang kedua mendata yang belum masuk sebagai daftar pemilih tapi mereka telah memenuhi syarat, ya itu harus dimasukkan. Selanjutnya mencoret bagi yang sudah meninggal itu kan wajib dicoret jangan dimasukkan lagi,” tegas Zaynal.

Panwaslu, lanjut Zaynal, berencana melakukan monitoring langsung ke lapangan dengan metode sampling guna memantau kinerja Panwaslu Desa/Kelurahan.

“Rencananya kita akan turun ke lapangan untuk mengambil sampel di beberapa titik. Ini kita lakukan supaya tahu apakah Panwas desa/kelurahan juga melakukan pengawasan di tingkat desa sesuai peraturan atau tidak,” tandasnya.(koe)



Promosi BKD kepahiang
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.