Pendaftaran Caleg DPRD, Panwaslu Kepahiang Pastikan Keaslian Ijazah Hingga Waktu Daftar

Juli 6, 2018
Politik 0   431 views 0
Pileg pilpres 2019

Ilustrasi Pileg & Pilpres 2019 | Sumber: Kangseha.com

PROGRESKEPAHIANG.com – Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Kepahiang akan mengawasi proses pendaftaran calon legislatif (caleg) oleh Parpol ke KPU Kepahiang. Panwaslu akan memantau seluruh proses, mulai dari waktu pendaftaran hingga keaslian ijazah bakal caleg.

“Kita awasi seluruh prosesnya. Misalnya waktu pendaftaran. Kalau mulai 4 Juli itu dari jam 08.00 pagi sampai 04.00 sore. Hari terakhir itu kan paling lambat jam 23.59 WIB. Lewat dari itu KPU tak boleh memproses,” kata Anggota Panwaslu Kepahiang, Zaynal, Jumat (06/07/2018) di Sekretariat KPU Kepahiang.

Meski KPU Kepahiang akan melibatkan Dinas Pendidikan dan Kantor Kemenag untuk memeriksa keaslian ijazah, Panwaslu juga tetap melakukan kroscek.

“Tetap kita kroscek ijazah bacalegnya, walau pun KPU melibatkan Dinas Pendidikan dan Kemenag, karena sudah tugas kita (Panwaslu) untuk mengawasi proses ini,” tegasnya.

Untuk diketahui, berdasarkan Peraturan KPU Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota, salah satu syarat mencalonkan diri adalah memiliki ijazah SMA atau sederajat.(pid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.