Tahapan Pilkada 2020 Lanjut Lagi, Bawaslu Kepahiang: Pengawasan Harus Sesuai Protokol Kesehatan

Juni 17, 2020
Hukum Politik 0   260 views 0
Rusman Sudarsono

Rusman Sudarsono, SE | Foto: Dok. PROGRES KEPAHIANG

KEPAHIANG, PROGRES.ID – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kepahiang sedang menyiapkan berbagai hal terkait pengawasan tahapan Pemilihan Serentak 2020 sesuai standar protokol Covid-19. Menurut Ketua Bawaslu Kepahiang Rusman Sudarsono, Bawaslu akan merestrukturisasi anggaran agar dapat melakukan pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) bagi Bawaslu termasuk badan adhoc (Panwascam dan Bawasludes dan Bawaslu Kelurahan).

“Tahapan Pemilihan Serentak ini tetap harus diawasi, namun dengan protokol kesehatan yang telah diatur. Kami sudah merancang restrukturisasi anggaran yang telah disepakati dalam NPHD (Nota Perjanjian Hibah Daerah) sebelumnya sebesar Rp 8,4 Miliar untuk membeli APD. Nilainya untuk APD ini sekitar Rp 700 juta,” ungkap Rusman, Selasa (17/06/2020).

Rapid Test Tunggu Gugus Tugas

Pada bagian lain, Rusman menjelaskan, Bawaslu telah mengajukan uji cepat (rapid test) Covid-19 bagi tenaga adhoc Bawaslu kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kepahiang. Rusman menuturkan, jumlah tenaga adhoc dan tenaga pendukung yang perlu diuji cepat Covid-19 berjumlah 221 orang.

“Kami sudah usulkan ke Gugus Tugas melalui Dinas Kesehatan. Nanti waktu dan teknisnya nanti Dinkes yang punya wewenang, seperti rapid test di KPU yang lalu,” tutur Rusman. (koe)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.