Usai Didaftarkan, Parpol Boleh Ganti dan Tambah Caleg, Tapi Jika Ada 3 Hal Ini

Juli 9, 2018
Politik 1   595 views 0
bendera parpol

Bendera parpol di depan Sekretariat KPU Kepahiang | Foto: Koko/PROGRES KEPAHIANG

PROGRESKEPAHIANG.com – Partai politik (parpol) peserta Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 diberi keleluasaan mengganti caleg usai pendaftaran caleg di KPU. Namun, pergantian itu hanya boleh dilakukan jika ada 3 hal, yakni caleg yang didaftarkan meninggal dunia, ada sanggahan masyarakat sehingga caleg yang didaftarkan menjadi tak memenuhi syarat dan karena kuota perempuan yang tak terpenuhi.

“KPU beranggapan, caleg yang didaftarkan sudah melalui proses musyarawarah mufakat dan mempertimbangkan aturan. Makanya, tidak diperkenankan adanya pergantian atau penambahan caleg saat sudah didaftarkan dan masuk aplikasi Silon. Kecuali tiga hal, ada yang meninggal, kuota perempuan tak mencukupi dan karena adanya sanggahan masyarakat,” ungkap Komisioner KPU Kepahiang, Supran Efendi, Senin (09/07/2019).

Untuk mengantisipasi gugurnya sejumlah caleg karena tak memenuhi syarat, lanjut Supran, parpol disarankan mendaftarkan caleg lebih banyak.

“Kalau parpol mampu, penuhi semua kuota caleg tiap dapil, itu untuk mengantisipasi ada caleg gugur karena bermasalah. Kalau tidak mampu apa boleh buat, dan sah-sah saja di satu dapil hanya satu caleg, asal dia peremuan,” terang Supran.

Ia menegaskan, saat sudah ditetapkan Daftar Caleg Tetap (DCT) maka peluang pergantian dan penambahan caleg tertutup.

“Kalau sudah DCT, apa pun alasannya tidak bisa diganti. Walaupun caleg yang diusung meninggal dunia atau ditahan penegak hukum karena suatu masalah,” tandasnya.(pid)

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.