Ini 6 Jenis Vaksin Covid-19 yang Sudah Ada di Kepahiang

September 4, 2021
Berita Utama Covid-19 0   202 views 0
Vaksin Sinovac

Foto: Twitter

KEPAHIANG, PROGRES.ID – Mungkin Anda pernah mendengar hoaks yang menyebut “Covid-19 itu datang dari China dan vaksinnya hanya dibuat China.” Nah, buktinya vaksin di indonesia tidak hanya didatangkan dari China saja, tapi ada juga dari Inggris dan Amerika Serikat. Bahkan, ada vaksin covid-19 yang diracik oleh PT Bio Farma dengan bahan baku dari Sinovac.Vaksin ini kemudian dinamai Vaksin Covid-19 Bio Farma atau Sinovac Bio Farma. Indonesia bahkan akan punya vaksin covid-19 sendiri, yakni vaksin Merah Putih yang uji klinisnya akan dilakukan pada awal 2022.

Di Kabupaten Kepahiang, kini sudah ada 6 jenis vaksin yang digunakan untuk vaksinasi covid-19. Vaksin-vaksin itu adalah CoronaVac buatan Sinovac, AstraZeneca, Sinovac Bio Farma, Sinopharm, Moderna dan Pfizer.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kepahiang Tajri Fauzan menuturkan, vaksin terbanyak adalah Coronavac yang sudah disuntikkan kepada 19.851 warga Kepahiang.

“Untuk vaksin Sinovac, sudah disuntikkan bagi 19.851 warga. Untuk dosis keduanya sudah 11.248 orang,” tutur Tajri, Jumat (03/09/2021).

Untuk vaksin lainnya, lanjut Tajri, AstraZeneca adalah yang paling banyak kedua. Vaksin ini sudah diberikan kepada 604 warga Kepahiang. Kemudian, Sinovac Bio Farma sudah disuntikkan kepada 223 orang, Sinopharm GR sudah diberikan kepada 30 orang, Moderna sudah disuntikkan kepada 109 tenaga kesehatan dan Pfizer baru 3 orang.

Tajri Fauzan

Kadinkes Kepahiang H. Tajri Fauzan, S.KM, M.Kes saat memberikan penjelasan terkait DBD dan Covid-19 kepada jurnalis di ruang kerjanya (Foto: Amin/PROGRES.ID)

“AstraZeneca sudah disuntikkan kepada 604 warga, Sinovac BF 223 orang, Sinopharm 30 orang Moderna 109 SDM kesehatan dan Pfizer 3 orang,” terang Tajri.

Tajri mengatakan, selain 6 jenis vaksin tersebut, kemungkinan akan ada lagi vaksin jenis lainnya, bernama Novavax yang akan didatangkan ke Kepahiang. Ia juga mengimbau masyarakat yang belum melaksanakan vaksinasi covid-19 untuk segera melakukan vaksinasi.

“Bagi warga yang belum vaksinasi, segera datang ke pelayanan kesehatan yang menyediakan vaksin covid-19. Ini demi kekebalan kelompok (herd immunity) warga Kepahiang. Artinya, kalau-kalau terjangkit, maka tidak akan sampai parah,” kata Tajri.

Ia juga mengingatkan selalu warga Kepahiang untuk menerapkan protokol kesehatan 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta menjaga jarak atau menjauhi kerumunan.

“Prokes 3M sudah harus diterapkan terus ya, sebagai langkah antisipasi penyebaran covid-19,” pungkasnya.(red)

Pewarta: Mukhtar Amin

Jaga Cagar Budaya



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.