Jadi PPKM Level 2, Satgas Covid-19 Kepahiang Tetap Ingatkan Prokes 3M

September 21, 2021
Covid-19 0   189 views 0
Tajri Fauzan

Kadinkes Kepahiang H. Tajri Fauzan, S.KM, M.Kes saat memberikan penjelasan terkait DBD dan Covid-19 kepada jurnalis di ruang kerjanya (Foto: Amin/PROGRES.ID)

KEPAHIANG, PROGRES.ID – Status penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu resmi turun ke level 2. Ini berdasarkan Inmendagri Nomor 44 Tahun  2021 tentang PPKM level 4, 3, 2 dan 1 Covid 19 di wilayah Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Nusa tenggara, Maluku dan Papua. Inmendagri ini diterbitkan pada Senin, 20 September 2021.

Meski demikian, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Kepahiang tetap meminta masyarakat menaati protokol kesehatan (Prokes) 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun di air mengalir.

“Alhamdulillah, status Kepahiang turun ke level 2, artinya kondisi semakin membaik. Meski demikian, kami tetap mengimbau masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan 3M,” ungkap Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kepahiang Tajri Fauzan, Selasa (21/09/2021).

Ia juga menjelaskan, situasi covid-19 di Kabupaten Kepahiang memang semakin membaik. Menurutnya, puncak covid-19 di Kepahiang terjadi pada Juli hingga Agustus 2021.

“Sepertinya puncak covid-19 sudah kita lalui. Itu terjadi pada bulan Juli hingga Agustus. Bulan Agustus adalah yang terparah, karena kasus yang terjadi sampai 605 kasus,” imbuhnya.

Tajri menuturkan, sejak pandemi covid-19 terjadi, total kasus di Kepahiang telah mencapai 1.996 kasus per tanggal 20 Agustus 2021.

“Total sudah mencapai 1.996 kasus dengan kasus meninggal dunia sebanyak 50 kasus, sembuh 1.939 kasus dan yang masih menjalani isolasi mandiri masih ada 7 orang, atau masih masuk kasus aktif,” tuturnya.

Ia juga mengingatkan masyarakat Kabupaten Kepahiang untuk dapat menjalankan vaksinasi covid-19 agar Kepahiang mencapai kekebalan komunal (herd immunity).

“Bagi yang belum ikut vaksinasi, silakan mendaftar secara online di aplikasi PeduliLindungi atau datang langsung saja ke faskes terdekat, nanti akan dijadwalkan. Jika vaksin tersedia, bisa divaksin saat itu juga,” demikian Tajri.(red)

Pewarta: Mukhtar Amin

Iklan: ayo ke kepahiang provinsi bengkulu



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.