Kian Membaik, Kepahiang Keluar dari Zona Orange

September 22, 2021
Covid-19 0   301 views 0
Tajri Fauzan

Kepala Dinkes yang juga Jubir Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kepahiang, Tajri Fauzan, S.KM, M.Si (Foto: Riansa/PROGRES.ID)

KEPAHIANG, PROGRES.ID – Kondisi penyebaran Covid-19 di Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu terus mengalami penurunan. Bahkan, saat ini, Kepahiang sudah keluar dari zona orange, atau sudah berstatus zona risiko rendah (kuning).

Menurut Juru Bicara Penanganan Covid-19 Kabupaten Kepahiang Tajri Fauzan, hal tersebut disebabkan oleh banyaknya warga yang sudah menajalani vaksinasi. Setidaknya, sudah ada kekebalan komunal (herd immunity) di masyarakat.

“Seiring terus bertambahnya jumlah warga yang menjalani vaksinasi, maka jumlah kasus covid akan terus turun,” ungkap Tajri, Rabu (22/09/2021).

Ia menjelaskan, saat ini Satgas Penanganan Covid-19 Kepahiang sudah menyuntikkan sebanyak 38.250 dosis vaksin.

“Satgas sudah menyuntikkan total 38.250 dosis. Itu semua ya, yang dosis 1, 2 dan 3,” ungkap Tajri.

Menurutnya, vaksin yang paling banyak diberikan kepada warga adalah jenis CoronaVac dari Sinovac sebanyak 35.301 dosis. Untuk dosis pertama 21.936 dan dosis kedua sebanyak 13.365 dosis.

“Untuk Moderna kita sudah berikan sebanyak 1.312 dosis. Kebanyakan untuk dosis ketiga. AstraZeneca juga lumayan, yakni sebanyak 654 dosis pertama dan 296 dosis kedua. Selebihnya ada Sinovac Bio Farma dan Pfizer,” imbuhnya.

Meski sudah divaksin, lanjutnya, masyarakat tetap diminta menerapkan protokol kesehatan 3M, yakni memakai masker, manjaga jarak dan membiasakan cuci tangan dengan sabun di air mengalir.

“Warga yang sudah divaksin tetap harus menerapkan prokes 3M, apalagi mereka yang belum pernah divaksin,” pungkasnya.

Untuk diketahui, saat ini di Kepahiang masih terdapat 8 kasus aktif dari 1.997 kasus yang terjadi sejak pandemi berlangsung. Jumlah warga yang meninggal akibat covid-19 tercatat mencapai 50 orang. Sementara jumlah yang berhasil sembuh mencapai 1.939 orang.

Pewarta: Mukhtar Amin 

Iklan: ayo ke kepahiang provinsi bengkulu



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.