Mengintip Kekayaan Hidayattullah Sjahid dan Ujang Syaripudin

September 19, 2020
Editorial Ekonomi Politik 0   2K views 0
LHKPN Bacalon bupati

Ilustrasi

KEPAHIANG, PROGRES.ID – Dua pasangan bakal calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Kepahiang telah mendaftar di KPU Kepahiang pada Minggu (6/09/2020). Mereka adalah Bapaslon Hidayattullah Sjahid-Zurdi Nata dan Bapaslon Ujang Syaripudin-Firdaus Djailani.

Hidayattullah Sjahid yang saat ini masih menjabat sebagai Bupati Kepahiang memang sudah dikenal publik Kepahiang sejak lama, setidaknya sejak tahun 2003 sampai 2004. Saat itu Hidayat merupakan Penjabat Bupati Kepahiang pertama.

Sementara sang penantang adalah Ujang Syaripudin yang lebih populer dengan sapaan Ujang Pupuk. Dikenal dengan panggilan Ujang Pupuk karena ia merupakan pengusaha pendistribusian (distributor) pupuk yang penjualannya cukup luas. Tak hanya di Kabupaten Kepahiang, pupuknya juga didistribusikan di Rejang Lebong hingga ke Mukomuko.

Salah satu syarat administrasi yang harus dipenuhi kedua bakal calon ini adalah melaporkan harta kekayaannya ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Berdasarkan rapat pleno KPU Kepahiang yang digelar pada Senin (14/09/2020), bukti pelaporan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) dinilai belum lengkap sehingga syarat kedua Bapaslon masih diputuskan Belum Memenuhi Syarat (BMS).

Namun, berdasarkan dokumen Pengumuman tentang Tanggapan dan Masukan Terhadap Bapaslon Bupati dan Wakil Bupati Kepahiang Tahun 2020, sebenarnya kedua Bapaslon sudah menyantumkan bukti laporan LHKPN itu.

Lalu, berapa harta kekayaan kedua bakal calon Bupati Kepahiang tersebut?

Dari dokumen yang diunggah oleh KPU Kepahiang, diketahui kekayaan bakal calon petahana Hidayattullah Sjahid mencapai Rp 9.702.095.491. Ini merupakan LHKPN yang dilaporkan pada 2019. Harta kekayaan Hidayat ini berupa tanah dan bangunan di Jakarta dan Kabupaten Kuningan , Jawa Barat. Ada pula tanah dan bangunan di Kabupaten Kepahiang bernilai Rp 100 Juta dan Rp 600 Juta. Selain itu, ada pula harta bergerak senilai Rp 175 Juta dan tabungan atau deposito.

Hidayattullah Sjahid termasuk kepala daerah yang patuh melaporkan harta kekayaannya. KPK mencatat, Hidayat telah 7 kali melaporkan kekayaannya sebelum mendaftar ke KPU Kepahiang.

Sedangkan Ujang Syaripudin memiliki kekayaan mencapai Rp 10.810.000.000. Kekayaan Ujang berupa tanah dan bangunan serta lahan perkebunan di Kota Curup, Kabupaten Rejang Lebong, di Kepahiang dan di Kota Bengkulu. Harta bergerak yang dilaporkan dalam LHKPN itu hanya berupa mobil Honda Brio dan Toyota Fortuner yang keseluruhannya ditaksir seharga Rp 320 Juta.

Perlu diketahui, LHKPN untuk tahun 2020 yang baru saja dilaporkan oleh bakal calon ini baru selesai diverifikasi oleh KPK dan hasilnya belum dapat diakses publik. (pid)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.