Kopi Kepahiang Hanya Mampu Tembus Timur Tengah

November 6, 2016
Ekonomi Perkebunan 0   175 views 0

PROGRESKEPAHIANG.com – Kopi robusta asal Kabupaten Kepahiang memang belum mampu menembus pasar Eropa dan Amerika. Namun, salah satu komoditi perkebunan unggulan Kepahiang ini sudah dijadikan komoditi ekspor.

“Sejauh ini kopi Kepahiang diekspor bersama kopi dari daerah lainnya ke Timur Tengah,” ungkap pengusaha dan pengumpul komoditi perkebunan Kepahiang, H. Zurdinata belum lama ini.

Zurdinata mengakui kualitas kopi Kepahiang masih belum sesuai standar Eropa dan Amerika sehingga belum diekspor ke dua benua tersebut.

“Sebenarnya kopi Kepahiang mutunya bagus. Sayangnya petani kita kadang pengelolaannya masih belum baik, mereka cuma ingin hasil banyak tapi kualitas kurang diperhatikan. Misalnya soal racun semprot atau pestisidanya. Ini jadi bahan penilaian importir di Eropa dan Amerika,” terangnya.

Pernah diberitakan sebelumnya, Asosiasi Gabungan Kelompok Tani (Agaptan) Genting Surian pernah mengirim sampel kopi robusta ke Prancis dan Amerika Serikat sebagai bahan pertimbangan untuk diekspor ke dua negara tersebut.

Namun, kopi robusta Kepahiang ditolak karena dari sampel yang diteliti terdapat kandungan pestisida di luar ambang batas.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.