15 Tahun Kabupaten Kepahiang, Ini Daftar Capaian Pembangunan 2 Tahun Terakhir

Januari 7, 2019
Featured 0   219 views 0

 

Hidayattullah sjahid

Bupati Kepahiang Hidayattullah Sjahid saat membacakan pidato (Foto: Diskominfo PS/PROGRES.ID)KEPAHIANG, PROGRES.ID – Bupati Kepahiang Dr. Ir. Hidayattullah Sjahid, MM membeberkan sejumlah capaian pembangunan Pemkab Kepahiang selama kurun waktu 2 tahun terakhir dalam masa pemerintahannya. Ini dikemukakannya pada Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-15 Kabupaten Kepahiang di Halaman Kantor Bupati, Senin (07/01/2019).

Bupati Hidayat yang bertindak sebagai inspektur upacara mengungkapkan capaian pembangunan  mulai dari pembangunan bidang infrastruktur dasar, pendidikan, kesehatan, pertanian dan pariwisata.

“Dalam bidang infrastruktur dasar, jalan kabupaten akan terus kita tingkatkan. Infrastruktur dasar ini akan mendukung konektivitas antar desa, kecamatan dan kabupaten terus diupayakan dalam tahun-tahun mendatang, melalui skema pembiayaan APBD Kabupaten, APBD Provinsi dan APBN,” sampai Hidayat.

Bupati juga menyampaikan, pada tahun 2018 telah direalisasikan kegiatan bedah rumah masyarakat tidak layak huni. Dari program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) sebanyak 266 unit rumah dan dari Program Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) Kementerian Sosial sebanyak 50 unit rumah, yang tersebar di 11 Desa di 3 Kecamatan di Kabupaten Kepahiang.

Dibidang Pendidikan, lanjut Bupati. Angka Partisipasi Kasar (APK) tingkat SD pada tahun 2018 ini adalah 91,3% sedangkan tingkat SMP 84,1%. Dari 99 SD Di Kabupaten Kepahiang (93 Negeri, 6 Swasta); 14 SD telah terakkreditasi A, 48 terakreditasi B, 9 terakreditasi C dan 6 SD Belum terakreditasi. “Sementara SMP dari 29 SMP (27 Negeri, 6 Swasta) hanya 3 SMP yang belum terakreditasi,” tambah Hidayat.

Dibidang kesehatan, rasio tenaga kesehatan saat ini sebagai berikut. Dokter Umum sebanyak 25 orang atau 18,37 per 100.000 penduduk, Bidan sebanyak 300 orang atau 220,43 per 100.000 penduduk dan perawat sebanayak 331 orang atau 243.21 per 100.000 penduduk.

Dalam bidang pertanian, pada tahun 2018 Kabupaten Kepahiang telah mendapatkan Sertifikasi Indikasi Geografis (SIG) dan Masayarakat Perlindungan Indikasi Geografis (MPIG) Kopi Robusta Kepahiang dari Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia.

“Dengan adanya sertifikasi ini diharapkan Kopi Robusta Kepahiang mampu bersaing di Pasar Global dan terlindungi dari pemalsuan produk-produk oleh pihak yang tidak bertanggung jawab,” sampainya.

Sementara itu, dalam rangka mendukung program Gubernur Bengkulu yaitu Tahun Kunjungan Wisata Bengkulu 2020. Kabupaten Kepahiang telah sukses menggelar event tahunan Mountain Valley Festival di Kabawetan beberapa waktu lalu. “Untuk mendukung kegiatan tahunan Mountain Valley Festival, pada 2018 telah dibangun : Venue Mountain Valley Festival, Guest House, lapangan parkir, rest area, toilet, musala, ruang pandang, dan outlet kuliner dan oleh-oleh,” paparnya.

“Semua achievment, tersebut saya dedikasikan dan persembahkan untuk masyarakat kabupaten Kepahiang, sebagai wujud pengabdian kepada Kabupaten Kepahiang tercinta dan menjadikan motivasi bagi jajaran Pemerintah Kabupaten Kepahiang untuk meningkatkan kinerja agar kedepan bisa lebih baik lagi,” pungkas Bupati.

Hadir dalam upacara ini, Wakil Bupati Kepahiang Netti Herawati, FKPD Kabupaten Kepahiang, Kepala Daerah dari kabupaten tetangga, Panitia Pemekaran, Kepala OPD dan Ketua organisasi kemasyarakatan. Bertindak sebagai komandan upacara Camat Kepahiang Ardiansyah.

Selepas upacara, dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat tanah perkantoran oleh Bupati Kepahiang antara lain tanah kantor Bupati Kepahiang diwakili oleh Sekda Kepahiang, sertifikat tanah kantor DPRD diwakili oleh Ketua DPRD Kepahiang, dan instansi vertikal diwakili oleh Kepala Kantor Kemenag. Selanjutnya penyerahan piala dan piagam penghargaan dari lomba-lomba dalam rangka HUT Ke-15 Kabupaten Kepahiang. (rls/kominfo/pid)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.