2019 Ini, Polres Kepahiang Akan Bentuk Unit Siber Awasi Hoax Hingga Ujaran Kebencian

Januari 1, 2019
Featured Hukum 0   275 views 0
Polres dan jurnalis

Foto bersama usaiacara pertemuan Polres Kepahiang dengan insan pers Kabupaten Kepahiang (Foto:Dok. Polres Kepahiang/PROGRES.ID)

KEPAHIANG, PROGRES.ID – Polres Kepahiang akan membentuk Unit Siber dibawah Satuan Reserse Kriminal pada tahun 2019 ini.  Rencana pembentukan Unit Siber ini dinilai perlu untuk mengawasi penyebaran berita bohong (hoax), ujaran kebencian atau pun pencemaran nama baik yang terkait pelanggaran Undang-Undang ITE.

Rencana pembentukan Unit Siber ini dikemukakan Oleh Kapolres Kepahiang AKBP Pahala Simanjuntak saat acara tatap muka Polres Kepahiang dengan insan pers, Senin (31/12/2018).

“Kita akan bentuk Unit Siber yang jumlahnya nanti akan ada 27 orang. Tim ini akan mengawasi media sosial, khususnya yang digunakan di wilayah Kabupaten Kepahiang,” ungkap Kapolres Pahala saat menjawab pertanyaan jurnalis Progres Kepahiang.

Ia mengatakan, menjelang Pemilu Serentak 2019, pengguna media sosial akan diawasi oleh patroli siber.

“Kita akan patroli di media sosial. Kalau nanti ada yang sudah meresahkan akan kita tindak. Tapi kalau person to person, kita memang menunggu laporan,” ujarnya.

Pada acara yang sama, Kasat Reskrim Polres Kepahiang AKP Yusiady berujar, Satuan Reskrim selama ini selalu memastikan kebenaran berita yang viral di media sosial khususnya untuk wilayah Kabupaten Kepahiang.

“Misalnya dulu, ada sempat berdar informasi macan nyeberang jalan. Itu kami telusuri kebenarannya, kami tanya sejumlah saksi. Setelah kami pastikan informasi itu tidak benar, kita minta Mas Bayu (Humas Polres Kepahiang) membuat klarifikasi kembali di media sosial, bahwa itu tidak benar. Itu langkah awal kita, sifatnya antisipasi,” sampai Yusiady.(pid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.