4 Tahun Buron, Tersangka Percobaan Pembunuhan Komisioner KPU Kepahiang Dicokok

Maret 14, 2019
Berita Utama Hukum 0   1K views 0
tersangka percobaan pembunuhan windrapolres

Tersangka percobaan Pembunuhan Windra Purnawan dibekuk polisi (Foto: Dok. Polres Kepahiang/PROGRES.ID)

KEPAHIANG, PROGRES.ID – Salah seorang buronan yang merupakan salah satu dari 8 pelaku percobaan pembunuhan terhadap Windra Purnama, mantan Komisioner KPU Kepahiang tahun 2015 (kini Sekretaris Partai NasDem Kepahiang) berhasil dicocok polisi.

Ia adalah HO (46 Tahun) yang ditangkap sekira pukul 15.00 WIB, Kamis (14/03/2019) oleh tim gabungan Polsek Tebat Karai dan Polres Kepahiang.

HO menjadi buruan Polisi, sejak dikeluarkannya surat DPO (Daftar Pencarian Orang) Nomor: DPO /33/IX/2015/reskrim tanggal 08 september 2015 perkara percobaan pembunuhan berencana dan atau pengeroyokan sesuai dengan Laporan Polisi Nomor LP:B-441/IX/2015/BKL/KPH, tanggal 07 September 2015.

Dari 8 pelaku atas insiden percobaan pembunuhan yang terjadi pada hari Senin, 07 september 2015 di depan pemakaman umum Kelurahan Pasar Ujung itu, 4 orang tersangka diantaranya yakni ZA, RA, BO, dan MD sudah menjalani proses hukuman di Lapas Kelas IIA Curup dan sudah menghirup udara bebas. Sementara 4 orang terduga pelaku lainnya hingga saat ini masih masuk dalam DPO Polres Kepahiang.

Kapolres Kepahiang AKBP Pahala Simanjuntak melalui Kasat Reskrim Polres AKP Yusiady menjelaskan, usai peristiwa percobaan pembunuhan itu ada 4 orang yang masuk Daftar Pencarian Orang (DPO). Dengan tertangkapnya HO, maka yang DPO tinggal 3 orang lagi.

Namun dari 4 orang DPO tersebut, salah satu diantaranya yakni HO (46) berhasil diamankan petugas Polsek Tebat Karai. Penangkapan atas tersangka HO ini berawal dari Operasi Cipta Kondisi yang dilakukan aparat gabungan Polsek Tebat Karai dan Polres Kepahiang, sekitar.

“Penangkapan HO ini berawal dari operasi cipta kondisi. Saat itu kita sedang melaksanakan cipkon di jalanKepahiang-Kabupaten Empat Lawang di Kecamatan Tebat Karai. Setiap kendaraan yang melintas kita periksa, dan salah satunya adalah kendaraan tersangka,” ungkap Yusiady didampingi Kapolsek Tebat Karai Ipda Davinsi Josie Sidabutar.

Kapolsek Tebat Karai Davinsi Josie Sidabutar menambahkan, tersangka saat itu mengendarai mobil sedan merek Nissan dengan Nomor Polisi BG 1111 AR. Ia berencana pulang ke kampung halamannya di Desa Padang Tepung Kecamatan Ulu Musi Kabupaten Empat Lawang, dari Kota Bengkulu.

“Saat itu kita tidak tahu kalau tersangka ini DPO, karena saat kita berhentikan kendaraannya yang bersangkutan tidak mau berhenti, kemudian terpaksa kita berhentikan. Dan saat itu salah satu anggota kita mengenali wajah tersangka yang masuk dalam DPO kita, kemudian tersangka pun langsung kita amankan ke Mapolres Kepahiang untuk pemeriksaan lebih lanjut,” jelasnya.(pid)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.