80 Persen Bacaleg “Belum Menyatakan Bertakwa Kepada Tuhan yang Maha Esa”

Juli 20, 2018
Featured Politik 1   166 views 0
KPU Kepahiang

Komisioner KPU Kepahiang, Supran Efendi dan Ikrok menyampaikan keterangan pers secara lesehan di Rumah Pintar Pemilu (RPP) KPU Kepahiang | Foto: Amin/PROGRES KEPAHIANG

PROGRESKEPAHIANG.com – Sebanyak 80 Persen bakal calon legislatif (Bacaleg) yang telah didaftarkan partai politik (parpol) diketahui belum mencentang sejumlah pernyataan dalam formulir model BB 1. Salah satu pernyataan poin dalam formuir model ini yakni pengakuan bahwa bacaleg bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“80 Persen belum melengkapi formulir BB 1. Form ini adalah surat pernyataan dari bacaleg bahwa dirinya bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dapat berbicara, membaca dan menulis dalam Bahasa Indonesia dan pernyataan lainnya,” kata Komisioner KPU Kepahiang Ikrok didampingi Komisioner Divisi Hukum Supran Efendi dalam keterangan pernya, Jumat sore (20/07/2018) di Rumah Pintar Pemilu KPU Kepahiang.

Ia juga menyebutkan terdapat 20 Persen bacaleg belum melampirkan surat yang diminta dalam formulir Modal BB 2.  Bacaleg yang belum menyertakan fotokopi KTP Elektronik WNI sebanyak 5 persen, selanjutnya ada 50 persen bacaleg yang belum menyertakan ijazah yang dilegalisir.

“Ada 30 Persen yang belum melengkapi surat keterangan sehat dari rumah sakit pemerintah, surat keterangan sehat kejiwaan juga ada 30 persen yang  belum melengapi. Selanjutnya ada 10 Persen yang belum melampirkan surat keterangan terdaftar sebagai pemilih dari PPS atau KPU. Bahkan masih ditemukan suket yang dikeluarkan oleh Kades atau Lurah,” sambung Ikrok.

Ikrok juga menyampaikan, masih ada 40 Persen bacaleg yang belum melampirkan Surat Keterangan Cacatan Kepolisian (SKCK).

“Ada 30 Persen yang belum melengkapi surat keterangan bebas penyalahgunaan Narkoba, psikotropika dan zat aditif dari BNNP atau BNNK. Belum melengkapi SKCK ada 40 Persen. Terdapat juga dokumen yang harus diklarifikasi karena dokumen bukan ditandatangani Kapolres,” jelasnya.

Ia memastikan telah menyampaikan surat pemberitahuan kepada parpol yang mendaftarkan bacalegnya. “Terkait kekurangan ini, kami menyurati parpol agar semua bacalegnya bisa melengkapi kekurangan berkas yang diperlukan,” ujar Ikrok.(pid)



Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.