Ada Gerhana Matahari Sebagian Hari Ini, Yuk Amati Mulai Pukul 14.29 WIB

Juni 21, 2020
Berita Utama Peristiwa 0   198 views 0
Gerhana Matahari cincin

Ilustrasi: bmkg.go.id

KEPAHIANG, PROGRES.ID – Pada hari Minggu (21/06/2020) ini, akan ada Gerhana Matahari Cincin (GMC) di sejumlah negara di dunia. Secara umum di Indonesia, GMC ini tak dapat diamati. Namun, di Provinsi Bengkulu dan provinsi lain di Indonesia, termasuk di Kabupaten Kepahiang, Gerhana Matahari hanya akan terlihat sebagian saja. Atau tidak akan terlalu membuat keadaan siang menjadi gelap.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis, magnitudo gerhana terentang antara 0,002 di Tais hingga 0,030 di Muko-muko.

“Gerhana ini tidak akan teramati di Kota Manna dan Bintuhan,” tulis rilis resmi BMKG.

Secara umum, gerhana di Provinsi Bengkulu akan dimulai pada pukul 14.29 WIB. Puncak gerhana akan terjadi pada pukul 14.59 WIB, dan gerhana akan berakhir pada pukul 15.21 WIB. Durasi gerhana yang teramati di
Bengkulu rata-rata adalah 0,55 jam. Lihat tabel berikut untuk detail lebih lengkap gerhana di setiap kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu.

data visibilitas

Sumber: bmkg.go.id

BMKG menyarankan, bagi warga yang ingin mengamati gerhana matahari secara langsung harus menggunakan filter atau kacamata khusus gerhana matahari. Jika tidak, maka silaunya sinar matahari akan berdampak buruk pada mata.(pid)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.