Angkut Tanah Untuk Timbunan Pondasi, Warga Pungguk Beringang Temukan Mortir

Oktober 1, 2018
Featured Peristiwa 0   1.7K views 1
Mortir temuan warga

Anggota Korem saat mengamankan mortir temuan warga (Foto: Koko/PROGRES KEPAHIANG)

PROGRES.ID, KEPAHIANG – Warga Desa Pungguk Beringang, Hadil menemukan mortir yang diduga  peninggalan tahun 1960-an. Mortir ini ditemukan saat Hadil mengangkut tanah dari Desa Kelobak untuk menimbun pondasi rumah.

“Saya lagi angkut tanah timbunan dari Desa Kelobak untuk pondasi rumah, saat itulah saya temukan mortir ini. terus saya langsung hubungi Koramil Kepahiang,” ungkap Hadil, Senin (01/10/2018).

Danramil 04/09-04 Kepahiang Kapten Infanteri R. Handoko mengatakan bahwa peluru tersebut jenis granat mortir 81 long range.

“Setelah kami tinjau mortir ini jenis mortir 81 long range buatan tahun 60-an. Mortir ini akan kami amankan di Detasemen Peralatan II Korem Curup,” jelas Handoko.

Ia juga menjelaskan bahwa lokasi tempat penggalian tanah di Desa Kelobak dekat pengadilan Negeri Kepahiang kala itu merupakan bekas Kompi A 144 Jaya Yudha.

Mortir 80 mm long range

Mortir yang ditemukan warga Desa Pungguk Beringang di Desa Kelobak (Foto: Koko/PROGRES KEPAHIANG)

“Tempat penggalian tanah tersebut dulunya memang bekas Kompi A 144 Jaya Yudha,” terangnya.

Senada, Bagian Amunisi Denpal II/1 Korem RL, Pelda B Sitorus menjelaskan bahwa mortir tersebut setelah diamankan rencananya akan dimusnahkan.

“Mortir ini memang sudah tidak aktif lagi, namun bila terbentur maka akan terjadi ledakan. Ini buatan Pindad sekitar tahun 68. Mortir ini akan kami amankan di Denpal selanjutnya akan dimusnahkan,” kata Pelda B. Sitorus.(koe)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.