Antisipasi Masalah Hukum di Pemdes, LBH Kepahiang Gelar Sosialisasi

Desember 27, 2018
Featured Hukum 0   175 views 0
Sosialisasi hukum

Asisten I Setda Kepahiang Burlian SH saat menyampaikan sambutan sekaligus membuka acara (Foto: Amin/PROGRES.ID)

KEPAHIANG, PROGRES.ID – Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Kepahiang menggelar sosialisasi hukum kepada masyarakat yang sebagian besar adalah perangkat desa pada Kamis (27/12/2018) di aula Hotel Umro, Kelurahan Pasar Ujung, Kepahiang.

Hadir ratusan peserta dan dibuka secara resmi oleh Asisten Bidang Hukum dan Pemerintahan Setda Kepahiang, Burlian, SH. Hadir pula Camat Bermani Ilir A Gani, Kepala Bidang PMD Sainubi dan Sekretaris Camat Kecamatan Ujan Mas, Dra. Sri Pujawati.

“Sosialisasi ini penting bagi desa, karena di Kepahiang saja sudah ada dua desa yang bermasalah hukum dan ada yang sekolah (ditahan),” ungkap Burlian saat menyampaikan sambutan.

Menurutnya, Pemerintah Desa dan Kelurahan sudah dan akan terus mendapat dana besar untuk dikelola.

Peserta sosialisasi

Peserta sosialisasi yang diselenggarakan LBH Kepahiang di aula Hotel Umro (Foto: Amin/PROGRES.ID)

“Pemerintah Pusat memang memprioritaskan pembangunan dari desa, bahkan dana  ini bisa lebih besar dari dinas yang dikelola. Untuk itu perlu pemahaman hukum bagi pemerintah desa,” sambung Burlian.

Sebelumnya, hal senada diungkapkan Ketua LBH Kepahiang, Zainudin SH. Ia menjelaskan, sosialisasi ini adalah bentuk partisipasi LBH Kepahiang memberikan edukasi hukum bagi perangkat desa dan masyarakat.

“Menurut kami ini penting. Masyarakat perlu edukasi soal hukum agar dapat mengantisipasi masalah-masalah hukum,” kata  Zainudin.

Pemateri dalam  sosialisasi  ini, lanjutnya, adalah praktisi dan pakar hukum dari perguruan tinggi.

“Pematerinya ada dari Polres Kepahiang, Kejari dan akademisi seperti Dr Buchori yang  juga dari BPN Kepahiang, dan dua Doktor lainnya,” tandasnya.(pid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.