Badan Geologi Tuntas Kaji Gempa Kepahiang Oktober 2017, Ini Hasil Kajiannya

Maret 4, 2018
Featured Lingkungan 0   88 views 0

PROGRESKEPAHIANG.com – Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Energi (ESDM) telah menuntaskan kajian terhadap gempa bumi tektonik lokal di Kabupaten Kepahiang yang terjadi pada 16 dan 20 Oktober 2017.

Catatan Stasiun Geofisika BMKG Kepahiang, gempa lokal pertama terjadi pada pukul 08:53:02 WIB di Desa Bogor Baru dan Kelurahan Pasar Ujung dengan magnitudo 3,4 SR. Sementara pada 20 Oktober 2017 ada dua kali gempa lokal dengan magnitudo 3,0 SR dan 2,8 SR.

Tim Badan Geologi tak hanya mengaji gempa lokal di Kepahiang, tetapi juga di Kabupaten Lebong. Karena pada 6 Desember 2017 pukul 03:46:29 WIB, terjadi pula gempa lokal bermagnitudo 5,0 SR.

Hasil kajian Badan Geologi yang dipublikasi di laman daring www.vsi.esdm.go.id menyebutkan jika gempa itu terjadi akibat aktivitas Sesar Sempiang berarah Barat Laut-Tenggara.

Hasil itu dikaji berdasarkan posisi pusat gempabumi dan analisis peta topografi berupa adanya kelurusan lembah dan pembelokan sungai. Skala intensitas gempabumi maksimum yang melanda Desa Bogor Baru mencapai skala intensitas V MMI (Modified Mercally Intensity).

Aktivitas Sesar Sempiang, sebelumnya pernah mengguncang Pasar Ujung pada tanggal 15 Mei 1997 dengan magnitudo 5 SR. Gempa lokal itu mengakibatkan kerusakan bangunan dan retakan tanah di Pasar Ujung.

Tim Badan Geologi

Tim Badan Geologi saat mengukur retakan jalan akibat gempa pada Oktober 2017 | Foto: Dok. Badan Geologi/PROGRES KEPAHIANG

Masih dari www.vsi.esdm.go.id, kejadian gempa bumi lokal yang merusak di Kepahiang dan sekitarnya pernah terjadi pada tanggal 15 Desember 1979 dengan magnitudo 6,6 SR, dan diperkirakan oleh aktivitas Segmen Musi Sesar Sumatera.

Badan Geologi menyarankan harus dilakukan upaya mitigasi guna mengurangi risiko jika terjadi gempa bumi.

“Oleh karena daerah Kepahiang merupakan rawan gempabumi, maka harus dilakukan upaya mitigasi guna mengurangi risiko, bila terjadi gempabumi di kemudian hari,” demikian saran di laman www.vsi.esdm.go.id tesebut.(pid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.