Bawaslu Kepahiang Pantau Akun Medsos Tak Terdaftar di KPU yang Kampanyekan Paslon

Oktober 16, 2020
Berita Utama Politik 0   180 views 0
Anggota Bawaslu Zaynal

Anggota Bawaslu Kepahiang Zaynal, S.Pd (Foto: Riansa/PROGRES.ID)

KEPAHIANG, PROGRES.ID – Bawaslu Kabupaten Kepahiang terus memantau aktivitas akun media sosial (Medsos) yang tak terdaftar di KPU, namun mengampanyekan pasangan calon tertentu.

Anggota Bawaslu Kepahiang Zaynal menjelaskan, akun medsos yang tidak terdaftar di KPU tidak diperkenankan melakukan kampanye Pilkada 2020.

“Kalau tidak terdaftar di KPU tidak boleh melakukan kampanye. Apa gunanya mendaftarkan akun medsos lalu yang kampanye banyak akun lebih dari yang didaftarkan. Ini pelanggaran dan terus kami pantau,” jelas Zaynal, Kamis (15/10/2020).

Meski demikian, lanjut Zaynal, belum ada sanksi yang tegas terkait pelanggaran jenis ini. “Sampai detik ini sanksinya belum jelas, paling hanya sebatas teguran,” terang Zaynal.

Zaynal mengingatkan agar warga pemilik akun Medsos untuk tidak membuat status media sosial bernada SARA, menyebar hoaks, menyebar ujaran kebencian dan provokasi.

“Kami harap masyarakat lebih cerdas bermedia sosial, jangan pakai hoaks, ujaran kebencian, provokasi apalagi berbau SARA. Itu akan berkaibat fatal, bukan cuma menjadi sebuah pelanggaran dalam pemilihan, nanti akan berimbas ke masalah hukum lainnya,” jelas Zaynal.

Ia menuturkan, akun yang terdaftar di KPU pun tetap dipantau oleh Bawaslu. Menurutnya, potensi pelanggaran bisa dilakukan oleh akun medsos manapun.

“Bukan berarti yang terdaftar di KPU tak kami pantau, semua kami pantau. Kalau akun medsos resmi Paslon yang terdaftar melakukan pelanggaran, juga kami tindak,” demikian Zaynal.(cj1)

 



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.