Bentuk SEJUK, Jurnalis Kepahiang: Harus Jadi Wadah Tingkatkan Kapasitas

Oktober 8, 2020
Berita Utama 0   185 views 0
SEJUK

Jurnalis Kepahiang yang tergabung dalam SEJUK mendeklarasikan diri anti hoaks dan Pilkada 2020 damai (Foto: Dok. SEJUK/PROGRES.ID)

KEPAHIANG, PROGRES.ID – Sejumlah jurnalis di Kabupaten Kepahiang mendirikan wadah yang diharapkan mampu meningkatkan kapasitas atau kemampuan jurnalistik. Adalah SEJUK, akronim dari Serikat Jurnalis Kepahiang yang disepakati berdiri pada Kamis (8/10/2020) di Sirkel Cafe Kepahiang.

Koordinator SEJUK, Ujang Efendi menuturkan, SEJUK harus menjadi pemersatu dan meningkatkan kemampuan jurnalis dalam menyajikan karya jurnalistik.

“SEJUK ini adalah wadah bagi jurnalis di Kepahiang agar punya karya yang baik. Lebih paham etika jurnalistik, bisa menulis berita yang baik dan ilmu lainnya terkait pemberitaannya,” tutur Ujang.

SEJUK

Jurnalis di Kepahiang berdiskusi membentuk SEJUK (Foto: Dok. SEJUK/PROGRES.ID)

Pria yang juga populer dengan sapaan Ujang Steven ini berujar, SEJUK sudah harus memiliki legalitas hukum yang jelas dalam waktu dekat, agar organisasi ini benar-benar matang.

“Tidak boleh lama-lama, SEJUK harus punya legalitas hukumnya. Kemudian punya AD/ART dan struktur yang jelas,” ujar Ujang.

Meski SEJUK merupakan organisasi dengan skala lokal, namun Ujang mengatakan, akan tetap bekerjasama dengan organisasi profesi seperti PWI atau AJI.

“Tentu kita tetap akan menggandeng PWI atau AJI, karena untuk peningkatan kapasitas itu harus bisa bekerjasama dengan oragnisasi jurnalis lainnya,” kata Ujang.(pid)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.