Berfoto dengan Latar Bakal Calon, Tenaga Honorer Pemkab Kepahiang Dipanggil Bawaslu

Juli 16, 2020
Berita Utama 0   266 views 0
Zaynal

Anggota Bawaslu Kepahiang, Zaynal, S.Pd (Foto: Koko/PROGRES.ID)

KEPAHIANG, PROGRES.ID – Seorang tenaga honorer Pemkab Kepahiang dipanggil Bawaslu Kabupaten Kepahiang karena mengunggah foto dengan latar belakang baliho bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Kepahiang.

Anggota Bawaslu Kepahiang Zaynal menuturkan, Bawaslu melakukan klarifikasi terhadap yang bersangkutan terkait berfoto dengan latar belakang baliho itu.

“Kita panggil, kita minta klarifikasinya seperti apa. Kemudian kami menerbitkan rekomendasi yang kami serahkan kepada instansi terkait (Pemkab Kepahiang),” ujar Zaynal, Kamis (16/07/2020).

Ia berujar, sanksi terhadap tenaga kontrak atau ASN yang disangkakan tidak netral itu diserahkan sepenuhnya kepada instansi terkait.

“Sanksi bukan di kita (Bawaslu) tetapi di instansi terkait, kalau ASN itu biasanya naik ke KASN dulu, nanti sanksinya ditetapkan oleh PPK, Pejabat Pembina Kepegawaian kalau tidak salah,” terangnya.

Menurut Zaynal, ASN atau pun juga tenaga kontrak wajib netral dalam pelaksanaan Pemilihan Serentak 2020 serta tidak menunjukkan keberpihakan.

“ASN atau mereka yang bekerja di instansi pemerintah wajib netral, tapi tetap memiliki hak pilih. Namun dilarang menunjukkan keberpihakan,” demikian Zaynal.(koe)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.