Berisiko Penyebaran Covid-19, Bupati Hidayat Akui Belum Berani Larang Pesta Nikah

Maret 23, 2020
Bupati Hidayattullah Sjahid

Bupati Kepahiang Dr Ir Hidayattullah Sjahid MM, IPU saat berbicara pada rapat terbatas terkait penundaan tahapan Pemilihan Serentak di aula KPU Kepahiang, Senin, 23 Maret 2020 (Foto: Amin/PROGRES.ID)

KEPAHIANG, PROGRES.ID – Bupati Kepahiang Hidayattullah Sjahid mengakui sulit untuk melarang masyarakat untuk tidak menggelar pesta resepsi pernikahan. Padahal, acara yang melibatkan orang banyak berpotensi menyebarkan virus corona (Covid-19).

“Di Kepahiang ini orangnya masih biasa-biasa saja, malah di pesta nikah asyik joget-joget, rame-rame, padahal ini berisiko sekali. Di Jakarta, kemarin ada pesta, hampir jadi semua, tapi dibatalkan, di Medan, di Padang juga. Nah, di kita ini (Kepahiang) bisa nggak begitu? Pertanyaan saya,” ungkap Hidayat pada acara rencana penundaan tahapan Pemilihan Serentak 2020 di aula Sekretariat KPU Kepahiang, Senin (23/03/2020).

Ia menuturkan, sulit memberikan peringatan tegas kepada masyarakat, karena secara nasional imbauan itu sudah disampaikan.

“Kalau di Pemda, saya sudah nggak ada (ikut acara yang melibatkan massa lagi), kecuali kemarin terpaksa (menghadiri) Musrenbang, tapi on the day, hari itu juga, setelah itu tutup. Tapi di masyarakat ini kendala saya. Saya mau tegas gimana, dengan Polri… nanti kita minta juga saran Pak Kabag Ops,” ujar Hidayat.

Bupati Hidayat menyebut, Covid-19 tidak bisa disamakan dengan anjing gila yang terlihat jelas dengan mata telanjang. Namun, penyakit ini adalah virus yang berukuran sangat kecil dan mudah menyebar.

“Persoalannya adalah penyakit ini bukan anjing gila yang anjingnya keliatan keliaran. Ini virus pak, 0,2 nano micro, kecil sekali itu pak. Nggak keliatan apa-apa, mungkin dengan mikroskop berapa kali pembesaran baru keliatan. Nah ini yang susahnya,” ucap Hidayat.(pid)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.