Dari 105 Desa di Kabupaten Kepahiang, Hanya Desa Ini yang Didampingi TP4D

November 22, 2018
Featured Hukum 0   232 views 0
Kajari

Kajari Kepahiang. H. Lalu Saifuddin tengah memberikan keterangan pers | Foto: Koko/PROGRES.ID

KEPAHIANG, PROGRES.ID – Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kepahiang H Lalu Syaifudin mengungkapkan, pada tahun 2018 ini hanya terdapat satu desa saja yang meminta didampingi Tim Pengawal, Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejari Kepahiang. Desa itu adalah Desa Bumi Sari Kecamatan  Ujan Mas.

“Dari 105 desa se-Kabupaten Kepahiang, hanya satu desa yang didampingi oleh TP4D, yaitu Desa Bumi Sari. Itu setelah kami pelajari surat permohonannya,” ungkap Lalu, Kamis (22/11/2018).

Ia juga mengatakan, hanya dua pemerintah kecamatan yang meminta pendampingan dari 8 kecamatan yang ada di Kabupaten Kepahiang.

“Untuk kecamatan, hanya ada 2 kecamatan yang meminta pendampingan,” terang Lalu.

Ia mengingatkan pemerintah desa  dapat memaksimalkan penggunaan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) dan tak ada penyelewengan ataupun pelanggaran hukum.

“Meski cuma satu desa yang menjalin kerjasama dengan TP4D, tetapi saya berharap semuanya dapat berjalan sesuai aturan yang berlaku,” ujarnya.

Seperti diketahui, saat ini ada dua desa yang telah berurusan secara hukum, yakni Desa Limbur Lama yang kasusnya sudah inkrah di Pengadilan dan Desa Sungai Jernih yang saat ini perkaranya tengah ditangani Polres Kepahiang.

“Limbur lama telah inkrah di Pengadilan, sementara Desa Sungai Jernih penanganannya dilakukan oleh Polres Kepahiang,” katanya.

Lalu juga mengatakan, saat ini Kejari Kepahiang tengah melakukan pengumpulan bahan dan keterangan (pulbaket) dugaan penyimpangan di beberapa desa.

“Ya saat ini kita tengah pulbaket di beberapa desa, berdasarkan laporan dari masyarakat dan tentunya hal ini akan segera kami tindaklanjuti,” ujarnya.(koe)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.