Diklaim Lebih Cepat, KPU Akan Terapkan Aplikasi Sirekap Hitung Hasil Pemungutan Suara

November 11, 2020
Berita Utama Politik 0   218 views 0
Aplikasi Sirekap

KPU Kabupaten Kepahiang menggelar sosialisasi penghitungan suara di Zhu-Zhu Garden Kelurahan Dusun Kepahiang (Foto: Riansa/PROGRES.ID)

KEPAHIANG, PROGRES.ID – KPU Kabupaten Kepahiang akan menerapkan aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) pada saat melakukan rekapitulasi hasil pemungutan suara Pilkada 2020 mendatang. Ini dipaparkan KPU Kepahiang pada acara sosialisasi hasil pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi atau hasil perhitungan suara di Zhu Zhu Garden, Rabu pagi (12/11/2020).

Aplikasi Sirekap diklaim memudahkan petugas menghitung atau merekapitulasi hasil pemungutan suara hanya dengan mengambil foto formulir C-Hasil-KWK.

“Nanti, untuk penggunaan aplikasi tersebut, anggota PPK dan PPS hanya memoto hasil suara yang ada di C-Hasil-KWK pakai HP saja. Kemudian hasilnya akan otomatis terincikan oleh aplikasi tersebut. Untuk itu ngambil gambarnya harus jelas, tidak boleh goyang ataupun blur. Kalau blur atau goyang gambarnya, petugas harus ngambil gambar ulang,” ujar Komisioner Divisi Teknis KPU Kepahiang, Ikrok.

Ikrok menambahkan, pada Pemilihan Serentak 2020 ini, tidak ada lagi formulir rekapitulasi bernama C1-KWK dan C1 Plano-KWK, karena telah berganti nama menjadi model C-Hasil-KWK.

“Nanti C-Hasil-KWK inilah yang harus difoto petugas KPPS, juga PPS dan PPK pakai HP Android. Hasil foto yang jelas dan bagus kemudian diunggah ke aplikasi Sirekap. Jadi, KPPS sudah harus meng-install aplikasi Sirekap,” imbuh Ikrok.

Meski penghitungan diklaim bisa lebih cepat, lanjut Ikrok, namun tahapan rapat pleno di semua tingkatan tetap harus dilakukan.

“Metode rekapitulasi saja yang berbeda, namun rapat pleno di tingkat kecamatan hingga KPU tetap harus berjalan seperti pemilihan sebelumnya,” terang Ikrok.(cj1)

tata cara pencoblosan



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.