Gempa Laut Jawa Terasa di Kepahiang, Ini Penjelasan BMKG

Oktober 19, 2016
Berita Utama Peristiwa 0   351 views 0

PROGRESKEPAHIANG.com – Gempa bumi dengan kekuatan(magnitudo) 6,3 Skala Richter (SR) terjadi di Laut Jawa pada Rabu (19/10/2016) pada pukul 07.25 WIB. Gempa ini paling terasa di Subang, Jawa Barat.

Menurut penjelasan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui rilis resmi di akun Facebook, gempa tersebut bahkan dirasakan di sejumlah provinsi mulai dari Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Lampung, Sumatera Selatan, Padang dan Kepahiang Provinsi Bengkulu.

“Rata rata dalam skala intensitas II SIG BMKG atau III MMI. Variasi besarnya kekuatan guncangan sangat dipengaruhi kondisi tanah setempat di masing masing daerah,” tulis Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono.

Ia juga menulis bahwa gempa bumi ini termasuk klasifikasi gempa bumi kuat, tetapi patut disyukuri karena gempa bumi ini merupakan gempa bumi hiposenter dalam (deep focus earthquake) yang tidak berpotensi merusak dan tidak berpotensi tsunami.

“Gempabumi dalam dengan hiposenter melebihi 300 km di Laut Jawa merupakan fenomena menarik, karena sangat jarang terjadi,” tulisnya lagi.

Sebelumnya, sejumlah warga di Kepahiang terlihat berlari keluar rumah saat merasakan gempa bumi itu.

“Tadi terasa cukup keras, awalnya saya pikir kepala saya yang pusing, rupanya gempa. Pas saya keluar, ada beberapa warga lain yang juga keluar. Tapi ada juga yang kelihatannya nggak terasa,” ungkap Antoni, warga Dusun IV Desa Taba Tebelet.(pid)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.