Gunakan Foto dan Nama Kapolres Kepahiang, Pelaku Coba Pinjam Uang Puluhan Juta

November 13, 2019
Berita Utama Hukum 0   1.1K views 0
Penipuan WA

Tangkapan layar (screenshot) bukti percakapan via WhatsApp

KEPAHIANG, PROGRES.ID – Foto dan nama Kapolres Kepahiang, AKBP Pahala Simanjuntak digunakan oleh orang tak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan. Pelaku membuat profil WhatsApp dengan identitas Pahala Simanjuntak dengan nomor 08123001569.

Foto itu diambilnya dari salah satu media siber lokal di Provinsi Bengkulu. Pasalnya terlihat jelas ada tanda air (watermark) media tersebut.

Modusnya, pelaku menghubungi sejumlah pejabat daerah dengan mengirimkan pesan WhatsApp, lalu meminta atau meminjam uang sejumlah puluhan juta rupiah.

Salah seorang pejabat yang dihubungi pelaku adalah Kepala Dinas Nakertrans Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) Masdar Helmi. Ia mendapat pesan dari pemilik akun WhatsApp bernomor 08123001569 pada pukul 13.16 WIB, Rabu siang (13/11/2019).

Pelaku tampak meyakinkan memulai percakapan WhatsApp. Ia terlebih dahulu menyapa dengan kalimat sok akrab dan kenal. Selanjutnya pelaku dengan tipu dayanya meminjam uang dan berjanji akan mengembalikan secepatnya pada hari Jumat.

Percakapan semakin rumit karena pelaku mendesak untuk segera mengirimkan uang karena situasi darurat. Kejanggalannya, pelaku mengirimkan nomor rekening bank atas nama orang lain.

“Ini pelaku mengirimkan SMS nomor rekening Bank M dengan nomor rekening 1170007275845 atas nama Siti Dwi,” ungkap Masdar Helmi.

Saat dikonfirmasi, Kapolres Kepahiang Pahala mengaku sudah mengetahui pencatutan foto dan namanya melalui Whatsapp.

“Modusnya sama seperti penipuan lama, ini sudah sekian kalinya pelaku penipuan mencatut nama saya” tuturnya.

Ia menambahkan, sedang menurunkan anak buahnya menyelidiki kasus yang sudah meresahkan masyarakat tersebut.

“Kami mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati dan tidak merespon segala permintaan pelaku, ini masih kita cari pelakunya,” tegasnya.(rls/pid)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.