Guru ASN Sulit Ditugaskan Mengajar di Sekolah Pelosok

Desember 21, 2016
Berita Utama Pendidikan 0   227 views 0

PROGRESKEPAHIANG.com – Hingga saat ini, mayoritas sekolah di pelosok Kabupaten Kepahiang seperti di pelosok Kecamatan Bermani Ilir dan Muara Kemumu sulit mendapat tenaga pengajar atau guru berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN – dulu PNS).

Hal ini terungkap kembali pada Rapat Dengar Pendapat (RDP) atau hearing Komisi I DPRD Kepahiang dengan BKD-SDM dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud), Rabu (21/12/2016).

“Kami kecewa dengan kondisi ini, masih saja kita dapati guru PNS sangat minim di sekolah-sekolah pelosok,” ungkap Anggota Komisi I DPRD Zainal yang memimpin RDP.

Ia mengatakan, hingga saat ini sekolah-sekolah pelosok masih mengandalkan guru honor yang dibayar menggunakan dana BOS sebesar Rp 150 Ribu per bulan.

“Sampai saat ini kita masih mengandalkan guru honor yang dibayar pakai dana BOS saja. Makanya, nanti Dikbud tempatkan saja guru kontrak ke sekolah-sekolah pelosok,” imbuhnya.

Hal serupa juga dikemukakan oleh Wakil Ketua Komisi I DPRD Agus Sandrilla. Ia menjelaskan perlu kinerja maksimal dari pengawas sekolah.

“Selama ini pengawas sekolah ke mana? Harusnya guru PNS itu dibina, jangan minta pindah ke kota, dikasih motivasi agar mereka betah,” terangnya.(pid)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.