Hei Bro & Sis, Ini Parpol Gaul Bukan Untuk Politisi Sakit Hati

Oktober 15, 2017
Featured Politik 0   137 views 0

PROGRESKEPAHIANG.com – Partai Solidaritas Indonesia (PSI) adalah partai politik (parpol) baru besutan mantan news anchor Grace Natalie Louisa. Sekarang, parpol gaul ini sudah hadir di Kabupaten Kepahiang.

Berbeda dengan parpol lainnya, kepengurusan PSI adalah anak muda dengan maksimal usia 35 tahun.

Ketua DPD PSI Kabupaten Kepahiang Berlian Azhari usai menyampaikan berkas di KPU Kepahiang, Sabtu (15/10/2017) menjelaskan bahwa PSI adalah parpol gaul yang menyasar konstituen anak muda. Meski demikian, jika ada kalangan senior yang memiliki integritas dan visi isi yang sama, PSI tidak menutup pintu untuk bergabung.

“Kita adalah partai gaul, tapi tidak spesifik hanya untuk kalangan muda saja, siapa pun boleh bergabung, namun dalam kepengurusan tidak boleh ada yang berusia lebih dari 35 tahun,” kata Berlian.

Terkait perekrutan calon legislatif (caleg) untuk mengikuti Pileg 2019, lanjut Berlian,  ada mekanisme perekrutan sendiri, berbeda dengan kepengurusan dalam partai.

“Ada mekanisme seleksi sendiri, tidak harus anak muda dibawah 35 Tahun. Tapi, kami tidak menerima orang yang sudah pernah bergabung dengan parpol lain. Intinya PSI bukan partai sakit hati,” sampainya.

Berlian juga mengatakan, untuk lebih mengakrabkan antarkader PSI, digunakan sapaan bro (asal dari brother=saudara) untuk lelaki dan sist yan berasal dari kata sister (saudari) untuk perempuan.

“Kami juga menggunakan bahasa-bahasa gaul anak muda. Kami gunakan bro untuk laki-laki dan sis untuk perempuan,” tutur pria 26 Tahun ini.

Berlian menerangkan, kepengurusan di PSI juga berbeda dengan parpol lain, karena dominan perempuan.

“Di PSI, 60 Persen perempuan. Karena kita melihat sejauh ini, perempuan belum diberi peluang lebih besar dalam parpol. PSI kini memberi peluang itu dan kita berharap kedepan di parlemen, jumlah perempuan bisa mengimbangi laki-laki,” jelasnya.

Ia menerangkan, target PSI saat ini adalah dapat lulus verifikasi dan bisa ditetapkan KPU sebagai peserta Pileg 2019.

PSI Kepahiang

Komisioner KPU Supran Efendi menerima berkas DPD PSI Kepahiang | Foto: PROGRES KEPAHIANG

“Kita loloskan dulu, kalau sudah lolos verifikasi nanti, target kami bisa dapat minimal dua kursi,” tandas Berlian yang mengaku menyerahkan berkas 162 KTA/KTP.(pid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.