Hindari Cluster Pilbup 2020, KPU Kepahiang Akan Rapid Test KPPS dan Linmas

Oktober 8, 2020
Berita Utama 0   238 views 0
Pelayanan pers KPU

Ketua KPU Kepahiang Mirzan P Hidayat didampingi komisioner KPU Supran Efendi saat memberikan penjelasan pers (Foto: Riansa/PROGRES.ID)

KEPAHIANG, PROGRES.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepahiang akan melakukan rapid test (uji cepat) Covid-19 terhadap anggota KPPS se-Kabupaten Kepahiang. Ini untuk menghindari ada cluster (klaster) baru penyebaran Covid-19 dari Pemilihan Serentak 2020.

“Kami akan melakukan rapid test kepada Linmas (Dulu Hansip) yang bertugas di setiap TPS. Ini tindakan cepat kita agar tidak ada penularan dan menjadi klaster baru penyebaran Covid-19,” ujar Ketua KPU Kepahiang Mirzan Pranoto Hidayat pada sosialisasi pelayanan pers di aula KPU Kepahiang, Kamis (08/10/2020).

Mirzan berujar, ada sekitar 3 Ribu orang lebih anggota KPPS se- Kabupaten Kepahiang yang diwajibkan menjalani rapid test terlebih dahulu.

“Akan ada 3 Ribu petugas yang akan di-rapid test termasuk Linmas. Kalau nanti ada yang reaktif, tentu akan di-swab oleh Gugus Tugas. Kalau positif yang bersangkutan terpaksa kita ganti,” ujar Mirzan.

Mirzan menambahkan, saat pemungutan suara 9 Desember mendatang, Linmas akan bertugas dan mengawasi calon pemilih untuk menjaga jarak, menggunakan masker atau face shield serta mencuci tangan dengan sabun.

“Pencegahan tentu kita lakukan dengan protokol kesehatan yang ketat saat pemungutan suara nanti,” imbuhnya.(cj1)

Pewarta: Riansa Putra
Editor: Mukhtar Amin



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.