Imbas Pandemi Covid, DPRD Maklumi PAD Tak Capai Target

April 27, 2021
Berita Utama Birokrasi 0   172 views 0
LKPJ Bupati

Pimpinan DPRD Kepahiang menerima dokumen LKPj Bupati Kepahiang tahun 2020 (Foto: Dok. Humas DPRD/PROGRES.ID)

KEPAHIANG, PROGRES.ID – DPRD Kabupaten Kepahiang memaklumi Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun anggaran 2020 tidak mencapai target. Ini disampaikan Komisi I, II dan III DPRD Kepahiang menanggapi Laporan Kinerja dan Pertanggungjawaban Bupati Kepahiang tahun 2020 pada sidang paripurna yang digelar pada Selasa (27/04/2021).

“Tidak tercapainya target PAD dan realisasi anggaran yang rendah lebih disebabkan karena refocusing anggaran imbas pandemi covid-19. Perlu dilakukan kehati-hatian dalam melakukan refocusing anggaran, agar anggaran yang bersentuhan langsung kepada masyarakat tidak dikorbankan. Selanjutnya perlu peningkatan kretaifitas dalam pencapaian target PAD dan penguatan perencanaan program dan kegiatan pada OPD agar realisasi anggaran dapat dimaksimalkan,” Ketua Komisi I DPRD Kepahiang Ansori M saat menyampaikan laporan hasil pembahasan LKPJ Komisi I.

Sementara itu, Komisi II DPRD Kepahiang menyarankan agar Pemkab Kepahiang memberikan target lebih tinggi pada OPD-OPD strategis seperti Dinas Perikanan, Dinas Pertanian dan Disdagkop UKM.

“Perlu dilakukan peningkatan PAD dengan memaksimalkan program pada OPD seperti di Dinas Perikanan, Pertanian dan Dinas Perdagangan. Selanjutnya dirancang program dan kegiatan untuk mengentaskan permasalahan yang dihadapi oleh masyaraka,” ucap Jubir Komisi II DPRD Eko Guntoro.

Sementara itu, Komisi III DPRD Kepahiang menggingatkan agar refocusing anggaran untu dapat memperhatikan program dan kegiatan yang menyentuh langsung kepada masyarakat. Sehingga apa yang menjadi kebutuhan mendesak bagi masyarakat terpenuhi.

“Pinjamaan PT SMI ini dapat dipertimbangkan kembali pak Bupati terkait realisasinya. Harapan kami pembangunan jalan yang sedang berlangsung saat ini harus tetap diselesaikan karena menyangkut kebutuhan masyarakat, bisa perpanjangan kontrak atau menggunakan dana APBD,” ungkap Jubir Komisi III, Hendri.(rilis/red)

Banner BKD Kepahiang



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.