Ini 10 Air Terjun di Kabupaten Kepahiang yang Mempesona

April 17, 2016
Berita Utama Wisata 4   4.3K views 0

PROGRESKEPAHIANG.com – Kabupaten Kepahiang dikenal sebagai daerah yang punya banyak potensi wisata. Sejauh ini, yang dikenal di Kepahiang memang hanya perkebunan teh Kabawetan dan Danau Musi Desa Suro Ilir.

Namun Kepahiang punya potensi wisata yang lebih dari itu. Bahkan Kepahiang bisa dikatakan kabupaten seribu air terjun. Bagaimana tidak, di kabupaten ini hampir di setiap kecamatan punya potensi wisata air terjun.

Jika Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang maksimal dalam menggarap potensi ini, maka geliat ekonomi Kepahiang dari sektor wisata akan maksimal. Nah, apa saja air terjun itu? Pada tulisan ini, PROGRESKEPAHIANG.com hanya akan mengulas 10 air terjun saja.

  1. Air Terjun Curug Embun

Curug Embun adalah air terjun yang paling terkenal di Kabupaten Kepahiang. Air terjun ini terdapat di Desa Tapak Gedung, Kecamatan Tebat Karai.

Baca: Mengunjungi Air Terjun Curug Embun

2. Air Terjun Curug Gayung

Tak banyak yang tahu keberadaan potensi wisata air terjun yang satu ini. Air terjun ini juga punya daya tarik tersendiri. Lokasinya di Desa Gunung Agung, Kecamatan Bermani Ilir.

3. Air Terjun Curug Burung Gendang

Curug Burung Gendang adalah air terjun yang punya nilai historis mengusir penjaja Belanda dari Tanah Air. Dibalik air terjun ini ada lubang tempat persembunyian pejuang tempo dulu. Air terjun ini berada di Desa Sukamerindu, Kecamatan Kepahiang.

Baca: Mengunjungi Air Terjun Curug Burung Gendang

4. Air Terjun Sengak Sengkuang

Air terjun ini punya keistimewaan tersendiri, yakni airnya yang dingin dan segar. Air terjun ini berada di Desa Sukasari, Kecamatan Kabawetan.

Baca: Pesona Air Terjun Sengkuang

5. Air Terjun Bukit Hitam

Sesuai namanya, air terjun ini berada di Desa Bukit Hitam Kecamatan Kabawetan. Akses menuju air terjun ini cukup jauh dan belum dapat dilalui kendaraan umum.

6. Air Terjun Desa Curug Temdak

Air terjun Curug Temdak atau juga disebut dengan nama air terjun Curug Layak berada di Desa Temdak, Kecamatan Seberang Musi. Air terjun ini masih alami, karena tak banyak warga yang mengunjunginya.

7. Air Terjun Tearambon

Air Terjun Tearambon Daspetah

Air terjun Tearamon di Desa Daspetah | Foto: Facebook Edwar Samsi

Air terjun Tearambon berada di Desa Daspetah, Kecamatan Ujan Mas. Air terjun ini cukup mudah diakses dari jalan raya Kepahiang-Curup. Air terjun ini kadang disebut Curug Terambon atau Teak Rambon, sesuai nama penemunya.

8. Air Terjun Belimbing

Air terjun Belimbing terletak di Desa Sosokan Taba, Kecamatan Muara Kemumu. Sama seperti potensi air terjun lainnya di Kabupaten Kepahiang, air terjun ini belum tergarap, apa lagi untuk dimaksimalkan sebagai destinasi wisata.

9. Air Terjun Curug Cokoah

Air terjun ini tak terlalu tinggi, namun cukup mempesona. Warga setempat banyak melakukan aktifitas memancing di sekitar air terjun yang masih dalam kawasan Kelurahan Dusun Kepahiang, Kecamatan Kepahiang ini.

10. Air Terjun Air Donok

Air Donok

Air Terjun Air Donok | Foto: Julian/Humas & Protokol Setda Kepahiang

Air terjun ini berada di Desa Batu Ampar, Kecamatan Merigi. Dinamai Air terjun Air Donok karena airnya mengalir ke Sungai Air Donok.

Nah, itulah 10 air terjun yang jika digarap maksimal bisa menjadi destinasi wisata yang membangkitkan perekonomian di masing-masing kecamatan. Selain 10 air terjun itu, Kabupaten Kepahiang sebenarnya masih memiliki sejumlah air terjun lainnya yang tak kalah indahnya. Anda berminat mengunjunginya? (pid)

 



4 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.