Irigasi Penopang Air Bagi 100 Ha Sawah di Kampung Bogor Rusak, Dewan Tinjau

Maret 12, 2018
Featured Pertanian 0   38 views 0

PROGRESKEPAHIANG.com – Irigasi Air Lembut di Desa Kampung Bogor Kecamatan Kepahiang mengalami kerusakan akibat longsor. Kerusakan irigasi tersebut menimpa sepanjang kurang lebih 12 hingga 15 Meter. Padahal, irigasi tersebut mengairi sekitar 100 hektare areal persawahan di Desa Kampung Bogor dan Bogor Baru.

Kepala Desa Kampung Bogor Subandi menjelaskan, kerusakan irigasi itu terjadi pada Februari 2018 dan telah ditinjau oleh tim dari BPBD Kepahiang.

“BPBD sudah datang ke sini (Desa Kampung Bogor) meninjau. BPBD nyarankan ke kami agar kami membuat proposal perbaikan irigasi ini supaya bisa ditindaklanjuti, tapi belum dapat dipastikan kapan perbaikan bisa dilakukan,” terang Subandi kepada rombongan DPRD Kepahiang yang meninjau lokasi tersebut pada Senin (12/03/2018).

Ia menjelaskan, 100 Hektare sawah di dua desa tersebut belum dapat berproduksi karena mengandalkan pengairan dari irigasi Air Lembut.

“Terpaksa belum dapat berproduksi. Petani kita terpaksa beralih menaman palawija,” imbuhnya.

Anggota DPRD Kepahiang meninjau lokasi irigasi rusak di Kampung Bogor | Foto: Koko/PROGRES.ID

Pada peninjauan kerusakan irigasi yang dipimpin Wakil Ketua I DPRD Kepahiang Andrian Defandra tersebut, Subandi berharap ada tindak lanjut Pemkab Kepahiang untuk memperbaiki irigasi tersebut.

“Harapan kami pemerintah daerah bisa menindaklanjuti musibah ini,” tandasnya.

Sementara itu, Andrian Defandra yang didampingi Ketua Komisi III Agus Sandrilla dan anggota Komisi III Abdul Haris menjelaskan akan berkoordinasi ke Dinas PU Kepahiang.

“Saya akan koordinasi dengan Dinas PU supaya ini cepat ditindaklanjuti, karena menyangkut ratusan areal sawah. Di PU kan ada dana rutin sekitar Rp 2,5 Miliar, saya harap bisa untuk perbaikan ini. Tapi kalau tidak juga bisa meng-cover, kita upayakan dianggarkan pada APBD Perubahan. Tapi sementara, jika mendesak terpaksa kita swadaya dan gotong royong memperbaiki pakai drum supaya air bisa mengaliri lagi sawah masyarakat,” sampai pria yang akrab disapa Aan ini.(koe)



Promosi BKD kepahiang
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.