Jika Verfak Edi-Ice Hasilnya MS, KPU Kepahiang Akan Buka Pendaftaran Lagi

September 8, 2020
Berita Utama Hukum Politik 0   464 views 1
KPU menerima pendaftaran

Ketua KPU kepahiang Mirzan P Hidayat memberikan arahan kepada Bapaslon terkait tahap selanjutnya selepasan pendaftaran diterima (Foto: Riansa/PROGRES.ID)

KEPAHIANG, PROGRES.ID – KPU Kabupaten Kepahiang akan membuka pendaftaran kembali jika hasil verifikasi faktual (verfak) terhadap dukungan Bapaslon Edi Sunandar-Ice Rakizah Syafrie dinyatakan Memenuhi Syarat (MS). Meskipun tidak ada perintah dalam putusan Bawaslu Kepahiang terkait pembukaan pendaftaran, namun KPU Kepahiang menyebutkan pembukaan pendaftaran adalah imbas dari hasil verfak ulang.

“Kalau nanti MS, ya kita buka (pendaftaran Bapaslon). Walau tidak ada perintah di putusan itu, tapi kan imbas dari verfak yang besok bisa saja MS. Kalau TMS tentu sudah batas itu saja,” kata Komisioner KPU Supran Efendi, Senin (07/09/2020).

Supran berujar, sesuai perintah Bawaslu Kepahiang, KPU Kepahiang harus melakukan verfak selam dua hari, yakni pada Selasa dan Rabu (10/09/2020).

“Keputusan Bawaslu itu final dan kami harus menaati itu,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Bawaslu Kepahiang menerima sebagian gugatan Bapaslon Edi-Ice. Pada putusan Bawaslu itu, KPU Kepahiang diperintahkan melakukan verfak kembali terhadap 4.400 dukungan KTP pendukung Edi-Ice yang sebelumnya dinyatakan TMS.

“Memutuskan, satu, mengabulkan permohonan pemohon untuk sebagian. Dua, menyatakan batal berita acara rekapitulasi dukungan bakal pasangan calon perseorangan model B.7-KWK perseorangan perbaikandalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kepahiang tahun 2020, tiga memerintahkan kepada termohon untuk melaksanakan verifikasi faktual terhadap 4.426 dukungan pemohon yang tidak diketahui hasil verifikasi faktualnya selama dua hari,” papar Ketua Bawaslu Kepahiang Rusman Sudarsono membacakan putusan.(pid)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.