Kelelahan, Ketua KPPS di Desa Pagar Gunung Jatuh Sakit

April 25, 2019
Birokrasi Featured Politik 0   297 views 0
Ketua KPPS

Ketua KPPS 2 Desa Pagar Gunung saat dirawat di RSUD Curup, Rejang Lebong (Foto: Dok. KPU Kepahiang)

KEPAHIANG, PROGRES.ID – Komisioner KPU Kepahiang Supran Efendi mengungkapkan, Ketua KPPS 2 Desa Pagar Gunung, Kecamatan Kepahiang, Muslimin jatuh sakit, yang diduga akibat kelelahan.

Supran menceritakan, kronologis sakitnya ketua KPPS itu saat menuntaskan tugas rapat pleno di tingkat kecamatan.

“Sepulang melaksanakan tugas rekap dari kecamatan, beliau merasakan tidak sehat. Sejak Kamis malam memang sudah merasakan badannya sakit-sakit dan sudah kena gejala demam. Pada hari Minggu (21/04/2019) sakitnya berlanjut,” ujar Supran, Kamis (25/04/2019).

Selanjutnya, Muslimin dibawa berobat ke bidan desa dan didiagnosa kelelahan.

“Sempat berobat jalan ke bidan, tapi sampai kemarin (Rabu, 24/04/2019) kondisinya tidak membaiknya, akhirnya diputuskan dibawa ke RSUD Curup. Diagnosa sementara dari RSUD itu adalah kelelahan dan paru-paru,” ujarnya.

Terkait biaya pengobatan, KPU Kepahiang mengaku sudah menyampaikan ke KPU RI dan meminta Kementerian Keuangan  mengambil langkah untuk pengobatan dan santunan bagi keluarga petugas penyelenggara Pemilu yang sakit dan meninggal dunia di seluruh Indonesia.

“Kita tunggu tindak  lanjut sesuai info. Data ini sudah kita sampaikan ke pusat,” jelasnya.

Sementara itu, dilansir Detik.com, KPU RI menyebut Kemenkeu sudah menyetujui pemberian santunan bagi petugas KPPS yang menjadi korban. Saat ini pemerintah sedang merumuskan besaran santunan yang akan diberikan, KPU memastikan pencairan santunan akan dilakukan segera.

“Prinsipnya dari pemerintah akan memberikan santunan. Besarannya masih dihitung, diusahakan secepat mungkin. Kemenkeu sudah setuju,” kata Komisioner KPU Viryan Aziz saat dihubungi, Kamis (25/4/2019).

Saat ini pemerintah tengah merumuskan besaran santunan yang diberikan untuk KPPS yang meninggal maupun sakit. KPU juga terbuka bila ada masyarakat yang menggalang dana untuk KPPS yang meninggal.(pid)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.