Kemenag Sebut 13 CJH yang Dinilai Eksodus Menang di PTUN, Wajib Masuk Kuota Haji Kepahiang

November 9, 2019
Berita Utama Hukum 0   260 views 0
Rakor FKPD

FKPD yang mengundang sejumlah kepala instansi vertikal dan organisasi untuk menggelar rakor di rumdin Bupati Kepahiang (Foto: Dok. Setda Kepahiang)

KEPAHIANG, PROGRES.ID – Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Kepahiang menyampaikan informasi kepada Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) dalam rapat pada Selasa (05/11/2019), bahwa 13 Calon Jemaah Haji (CJH) yang dibatalkan keberangkatannya pada tahun 2018 memenangi gugatannya di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).

Kemenag menyebutkan, PTUN meminta Kemenag tetap memasukkan 13 CJH itu dalam kuota haji Kabupaten Kepahiang.

“Bahwa 13 haji yang dibatalkan menggugat ke PTUN dan menang, dan harus dimasukkan dalam kuota haji dan diberangkatkan tahun 2020,” ungkap Kakan Kemenag Kepahiang H. Mulya Hudori seperti risalah yang diterima Progres.ID, Rabu (06/11/2019).

Mulya berujar, persoalan ini juga harus mejadi perhatian FKPD agar tidak terjadi gesekan dengan CJH lain akibat putusan PTUN ini.

Untuk diketahui, 13 CJH yang disebut eksodus ini sebagian besar merupakan warga Musirawas Utara, Sumatera Selatan. Mereka mendaftar sebagai warga Kecamatan Ujan Mas Kabupaten Kepahiang dan sempat ditetapkan masuk dalam kuota haji Kabupaten Kepahiang tahun 2018. Seteleh menuai protes masyarakat, Bupati Hidayattullah mengajukan pembatalan keberangkatan CJH eksodus itu ke Dirjen Haji dan Umrah Kemenag RI. Permohonan bupati itu pun kemudian dikabulkan dan direalisasikan.(pid)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.