KESDM Bantu 111 Lampu Hemat Energi Bagi Warga Embong Ijuk, Bupati Berharap Bisa Jadi Manfaat

Januari 6, 2019
Featured Sosial 0   312 views 0
Bagi LTSHE

Warga menerima bantuan LTSHE dari KESDM (Foto: Dok. Diskominfo PS/PROGRES KEPAHIANG)

KEPAHIANG, PROGRES.ID – Sebanyak 111 warga Desa Embong Ijuk Kecamatan Bermani Ilir menerima bantuan pemasangan Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) dari Kementerian ESDM Republik Indonesia, Minggu (6/1/2019) pukul 13.00 WIB.

Bupati Kepahiang Dr. Ir. Hidayattullah Sjahid, MM berharap warga desa Embong Ijuk bisa memanfaatkan bantuan tersebut secara bijak dan sebaik mungkin.

“Semoga bantuan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat Embong Ijuk dan mendapatkan ridho dari Allah SWT. Kami juga berharap ada menu-menu lain dari Kementerian ESDM yang dapat disalurkan ke Kabupaten Kepahiang. Insya Allah, akan kami laksanakan dengan baik,” ucap Bupati Hidayat dalam sambutannya pada acara yang dilaksanakan di lapangan Desa Embong Ijuk tersebut.

Sementara itu, Inspektur Jenderal Kementerian ESDM Akhmad Syakhroza berujar bahwa LTSHE ini merupakan salah satu solusi alternatif penerangan selain listrik PLN yang difokuskan bagi perdesaan dan kawasna terisolir dan sulit dijangkau oleh PLN.

“Program pemasangan LTSHE ini merupakan program terobosan untuk menerangi masyarakat yang belum mendapatkan akses listrik. Ada 2.500 desa di seluruh Indonesia akan mendapatkan paket LTSHE ini, terutama di kawasan perbatasan dan tertinggal,” sampai Akhmad.

Ditambahkan Akhmad, program LTSHE ini juga merupakan salah satu perwujudan dalam menyukseskan program Nawacita dari Pemerintah Republik Indonesia yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah dan desa dalam kerangka kesatuan.

“Semoga dengan adanya pemasangan LTSHE ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat desa Embong Ijuk,” tandas Akhmad pada acara yang juga dihadiri Plt Kepala BKD Damsi A dan Camat Bermani Ilir A Gani serta warga penerima bantuan LTSHE tersebut.

Kepala Desa Embong Ijuk, Nasri mengaku, bantuan itu akan memiliki banyak manfaatbagi warga desanya, khususnya untuk penerangan.

“Dengan adanya bantuan ini, warga kami yang terisolir dari aliran listrik. Untuk itu, atas nama warga kami ucapkan banyak terimakasih,” sampai Nasri.

Untuk diketahui paket bantuan LTSHE ini terdiri dari 1 panel surya, 1 roll kabel listrik, 4 buah lampu hemat energi, terminal, dan kabel charger telepon genggam.(pid/rilis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.