KPU dan Bawaslu Kepahiang Akan Kembalikan Rp 4 Miliar Sisa Dana Pilkada 2020

Maret 26, 2021
Berita Utama Birokrasi 1   226 views 0
Mirzan P Hidayat

Ketua KPU Kepahiang Mirzan P Hidayat saat menyampaikan sambutan dan membuka secara resmi acara pelantikan PPK terpilih (Foto: Dok. KPU Kepahiang/PROGRES.ID)

KEPAHIANG, PROGRES.ID – KPU Kabupaten Kepahiang akan mengembalikan kelebihan dana penyelenggarakan Pemilihan Serentak 2020 sebesar Rp 2 Miliar. Untuk diketahui, KPU Kepahiang sebelumnya sesuai Nota Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) menerima dana hibah senilai Rp 20,7 miliar.

“Akan kita kembalikan karena memang tidak bisa digunakan 100 Persen. Angkanya belum bisa kami beberkan, namun berkisar segitu Rp 2 Miliar),” ungkap Ketua KPU Kepahiang, Mirzan Pranoto Hidayat, Kamis lalu (25/03/2021).

Mirzan menuturkan, dana yang diajukan memang dirancang dengan penggunaan maksimal. Misalnya, jumlah paslon yang mencapai 5 orang.

“Hibah yang kita (KPU Kepahiang) ajukan memang untuk 5 paslon. Namun kemudian yang terjadi di lapangan adalah 2 paslon. Ini menjadi salah satu sebab hingga membuat perncanaan kita tidak sesuai dengan yang terjadi. Makanya kemudian dananya berlebih,” ungkap Mirzan.

Menurut Mirzan, KPU Kepahiang masih menunggu instruksi KPU RI terkait pengembalian sisa dana hibah tersebut.

“Kami masih tunggu instruksi Pemerintah dan KPU RI terkait teknis pengembaliannya,” ucap Mirzan.

Rusman S

Rusman Sudarsono, SE (Foto: Koko/PROGRES.ID)

Terpisah, Ketua Bawaslu Kepahiang Rusman Sudarsono mengaku bahwa Bawaslu juga akan mengembalikan sisa anggaran hibah senilai Rp 1,9 Miliar. Sebelumnya, Bawaslu Kepahiang menerima dana hibah senilai Rp 8,4 miliar

“Pandemi Covid-19 membuat sejumlah agenda kami tidak bisa terlaksana sesuai rencana. Misalnya seperti mengumpulkan massa untuk launching Pilkada damai dan sebagainya. Tentu sisa anggaran ini menjadi kewajiban kami untuk mengembalikannya,” kata Rusman.(koe)



One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.