Kuatkan Pendidikan Karakter, Dikbud Kepahiang Launching Kanal Youtube

Mei 3, 2021
Berita Utama Pendidikan 0   291 views 0

Kadis Dikbud Dr. Hartono, M.Pd didampingi Asisten III, Kabid Dikdas dan Kabid Pembinaan Dinas Dikbud melaunching kanal Youtube resmi pendidikan karakter (Foto: Ist/PROGRES.ID)

KEPAHIANG, PROGRES.ID – Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepahiang menggelar diseminasi perubahan dan penguatan karakter bagi pelajar tingkat SD dan SMP.  Pada acara yang digelar di aula Dinas Dikbud, Senin (03/05/2021) ini, juga dilakukan peluncuran (launching) kanal Youtube resmi Dinas Dikbud.

Kepala Bidang Dikdas Dikbud Kabupaten Kepahiang Nining Fawely Pasju menuturkan, gagasan itu didapat setelah memerhatikan proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan metode daring (online) dinilai tidak cukup efektif selama pandemi Covid-19 ini berlangsung.

“Pandemi ini sudah satu tahun lebih. Mayoritas sekolah menerapkan pembelajaran jarak jauh. Tentu saja ini banyak dikeluhkan dan juga kurang efektif. Dari kondisi inilah muncul gagas saya agar pendidikan karakter anak, khususnya siswa tingkat SD dan SMP tetap bisa dilakukan. Caranya dengan membuat channel Youtube, tentu dengan konten yang sesuai dengan penguatan pendidikan karakter anak,” terang Nining.

Agar mudah dipahami, lanjutnya, konten Youtube yang diunggah ke kanal Youtube Dinas Dikbud adalah video pendidikan dengan menampilkan animasi dan materi yang menarik lainnya.

“Kontennya kita buat dalam bentuk animasi, karena ini menarik dan pesan pendidikan karakternya akan mudah tersampaikan. Setiap sekolah akan kita minta mengirim video terbaik mereka dan akan diunggah di kanal Youtube kita (Dinas Dikbud),” imbuhnya.

Sementara itu, Asisten III Setda Kepahiang Haira Aryani menyambut baik peluncuran kanal Youtube tersebut. Ia menilainya itu sebagai ide cerdas.

“Ini cerdas sekali. Youtube memang sedang banyak digandrungi anak-anak. Dengan belajar melalui video seperti ini, tentu tidak membosankan dan pesannya akan mudah dicerna,” ucap Haira.

Kepala Dinas Dikbud Hartono berujar, Diseminasi Aksi Perubahan Pendidikan Karakter yang digagas Bidang Dikdas merupakan sebuah keharusan, mengingat kondisi dan situasi saat ini.

“Mau tidak mau kita harus merealisasikan gagasan yang tetap untuk terus memberi penguatan pendidikan karakter yang religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas,” ujar Hartono pada acara yang dihadiri gugur dari berbagai SD dan SMP se-Kabupaten Kepahiang ini.(red)

Jaga Cagar Budaya



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.